5 Cara Bedakan Tas Kulit Asli Dengan Kulit Sintetis

5 Cara Bedakan Tas Kulit Asli Dengan Kulit Sintetis

Tas kulit asli identik dengan produk yang berkualitas, eksklusif, premium dan tahan lama. Namun seiring perkembangan zaman, semakin banyak bermunculan produk kulit bagus yang dipikir asli namun sebenarnya adalah kulit sintetis. Banyak orang yang memang tidak mampu membedakan antara kulit asli dan kulit sintetis, apalagi ketika dibanderol dengan harga yang sama. Menjengkelkan memang jika Anda membeli sebuah tas kulit yang Anda kira terbuat dari kulit asli, namun setelah pemakaian beberapa lama Anda baru menyadari bahwa tas tersebut imitasi atau sintetis. Berbicara kualitas, produk kulit asli tidak perlu lagi diragukan lagi, kaena produk kulit sintetis hanya bertahan 1/3 umur dari produk kulit asli.

Membedakan tas kulit asli dengan tas kulit sintetis memang tidak selalu mudah. Hal ini karena beberapa tas kulit sintetis tampak sangat mirip dengan kulit asli, padahal kulit asli biasanya jauh lebih mahal dibanding kulit sintetis. Untuk mengetahui beberapa perbedaan antara produk yang menggunakan material kulit asli dengan kulit sintetis ada beberapa hal yang perlu Anda cek ketika berbelanja produk kulit termasuk tas kulit asli:

  • Cek label produk. Anda dianjurkan untuk melihat label produk. Perhatikan jika memang ditulis syntetic leather (kulit sintetis) atau genuine leather (kulit asli). Terkadang produk kulit asli juga dituliskan dalam bentuk real leather, top/full grain leather, made with animal products. Namun jika tertulis manmade materials itu berarti tas yang Anda beli berasal dari kulit sintetis.
  • Cek ketidaksempurnaan pada permukaan kulit. Produk kulit asli termauk tas kulit asli tidak sempurna, sama seperti kulit manusia, Anda akan menemukan perbedaan warna, goresan, kerutan atau keriput. Ketikda-sempurnaan ini bukanlah hal yang buruk, melainkan malah membuat produk kulit berbeda antara satu dengan yang lain. tekan atau tarik bahan kulit asli dan jika Anda dapat melihat perbedaan pada tekstur kulit tersebut. Cek juga pada bagian pinggir tas kulit asli Anda, jika terlihat tidak rapih atau masih terdapat serat-serat kulit menandakan bahwa produk tersebut adalah kulit asli. Bedanya dengan kulit sintetis menggunakan mesin pemotong sehingga hasil potongan akan rapih dan bersih.
  • Cium aroma kulit. Tas kulit asli memiliki bau yang khas. Jika Anda kurang yakin bau seperti apa yang menandakan bau kulit asli, maka Anda dapat mengunjungi toko produk kulit asli dan cium aroma produk tersebut. Sedangkan produk kulit sintetis akan beraroma seperti plastic.
  • Tes menggunakan air. Sebenarnya untuk menguji keaslian tas kulit asli dapat menggunakan api, namun selain api dapat juga menggunakan air. Material kulit asli akan menyerap air, seperti kulit manusia pada umumnya. Sedangkan kulit sintetis tidak akan menyerap air sama sekali. Jika Anda menaruh beberapa tetes air pada permukaan kulit dan Anda dapat melihat apakah air tersebut akan terserap air atau tidak. Kulit yang menyerap air akan meninggalkan tanda air pada permukaan kulit, walaupun akan menghilang setelah beberapa saat namun Anda tetap harus berhati-hati.
  • Harga produk tidak akan berbohong. Produk dengan material kulit asli tidak akan pernah berharga murah. Hal ini sesuai dengan apa yang Anda dapatkan dari sebuah produk kulit asli termasuk tas kulit asli yaitu eksklusifitas dan daya tahan yang sangat tinggi. Sebagai kontras, produk kulit sintetis dapat dijual dengan sangat murah dengan kualitas dan daya tahannya tidak akan bertahan lama.

Bagi Anda yang sedang mencari tempat produksi tas kulit lokal, asli Indonesia, Aleta leather adalah brand dari sebuah produk kulit diantaranya, tas kulit pria dan wanita, clutch, dompet, dan masih banyak lagi. Untuk Info order produk kulit dalam jumlah banyak juga bisa. langsung ke CS Kami di WA : 0813-3939-1020. Atau langsung datang ke tempat produksi Kami di jalan Tegalturi, Jl. Nitikan Baru No.442B, RT.41/RW.11, Sorosutan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55162.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.