Gunakan Tas Kulit Anda saat Lebaran, Ini 8 Tipsnya agar Awet

Gunakan Tas Kulit Anda saat Lebaran, Ini 8 Tipsnya agar Awet

Tas kulit merupakan barang fesyen yang memiliki prestise tinggi. Penampilan akan semakin trendi ketika mengenakan tas ini. Namun, di balik kemewahannya, tas bisa rusak jika tidak dirawat dengan baik. Di samping itu, tas kulit rentan terhadap noda berminyak dan kelembapan udara.

Lantas, bagaimana merawat tas kulit kesayangan kamu? Simak ulasan di bawah ini.

  1. Hindari Mengeringkan Tas di Bawah Sinar Matahari Langsung

Sinar matahari bisa memudarkan warna tas kulitmu. Jika ingin mengeringkan tas yang basah, sebaiknya diamkan dalam ruangan bebas lembap. Pastikan suhu udara di sekitar ruangan tidak lembap. Setelah kering, masukkan tas ke kotak khusus dengan menambahkan gel silika.

Selain itu, mengeringkan tas bisa dengan hair dryer dengan pengaturan power terendah. Arahkan alat tersebut ke tas sambil menepuk bagian yang basah. Namun, jangan sampai hair dryer mengeluarkan panas berlebihan karena dapat merusak permukaan tas.

  1. Jika Terkena Noda, Bersihkan dengan Cara yang Benar

Tas kulit kamu pernah terkena noda? Pastikan tidak membersihkannya menggunakan cairan kimia atau tisu basah. Perlu kamu ketahui, cairan kimia dapat merusak tekstur tas.

Jika dalam kondisi darurat, bersihkan dengan sabun dan air hangat. Namun, hindari sabun pelana atau saddle soap. Pasalnya, sabun ini bisa memudarkan warna kulit. Jangan lupa, aplikasikan kedua bahan tersebut menggunakan kain halus berwarna putih.

  1. Hindari Mengusap Permukaan Tas yang Terkena Air

Saat terkena tas kulit terkena tetesan air hujan, banyak orang yang mengelapnya dengan tangan atau sembarang kain. Padahal, tindakan ini bisa merusak serat kulit. Akibatnya, tas kulitmu tak lagi terlihat sempurna.

Solusi terbaik untuk menghilangkan tetesan air di tas, yakni dengan menepuknya. Gerakan tanganmu akan membuat air di permukaan jatuh ke bawah.

Tips Merawat Tas Kulit Kesayangan Anda

  1. Rawat Tas dengan Baking Powder

Perawatan tas perlu dilakukan secara rutin. Salah satunya menggunakan baking powder untuk menghilangkan aroma tidak sedap. Cara aplikasi bahan ini, yakni dengan memasukkan ke dalam wadah khusus. Kemudian, wadah tersebut diselipkan ke dalam tas kulit selama 24 jam.

  1. Jangan Bersihkan Tas dengan Deterjen

Detergen merupakan bahan pembersih pakaian yang berbentuk tepung atau cair. Berbeda dengan sabun biasa, detergen mengandung bahan kimia keras dan tidak dibuat dari lemak maupun soda.

Jika diterapkan untuk tas, detergen dapat mengubah teksturnya menjadi kering dan pecah. Pori-pori tas juga tampak tersumbat. Karena itu, permukaan tas yang dibersihkan dengan detergen mudah mengelupas.

  1. Jangan Menyemprot Parfum ke Tas Kulitmu

Tas kulit yang jarang dipakai dan dirawat, aromanya tentu tidak sedap. Namun, hindari menyemprotkan parfum atau pewangi ke bagian luar maupun dalam tas. Pasalnya, parfum mengandung zat kimia yang bisa memunculkan bercak di tas. Bercak ini sukar dihilangkan.

  1. Meski Tidak Dipakai, Pastikan Mengeluarkan Tas Seminggu Sekali

Tas yang tersimpan dalam lemari terlalu lama bisa berjamur. Munculnya jamur ini disebabkan oleh udara lembap di lemari. Untuk mencegahnya, pastikan kamu mengeluarkan tas seminggu sekali.

  1. Kemas Tas dalam Dustbag dan Stuffing

Debu dan kotoran bisa mengontaminasi hunian tanpa mengenal waktu. Lindungi tas kulitmu dengan meletakkannya di dalam dustbag. Sebelumnya, bungkus tas menggunakan stuffing polos berbahan tisu atau crepe lembut yang berwarna putih.

Itulah tips merawat tas kulit asli  supaya tahan lama, bersih, dan awet warnanya. Untuk mendapatkan desain tas terbaik, kamu bisa membeli merek Aleta Leather. Tas Aleta Leather terbuat dari bahan kulit sapi premium, berkualitas, dan bergaransi. Jika ingin mendapatkan tas kulit asli, berkelas, dan berkualitas, gunakan produk Aleta Leather. Bahan tas Aleta Leather 100 persen dari kulit sapi premium. Deskripsi dan foto yang dipajang di website kami aleta.id, dijamin sesuai dengan pesanan Anda. Tunggu apa lagi? Pesan produk Aleta Leather sekarang. Bisa juga mengunjungi official akun instagram kami di @aleta_leather. Atau jika Anda ingin mengetahui informasi promo tas Aleta dapat menghubungi Cs kami di link berikut ini Tanya promo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.