Tak perlu mahal untuk membuat id card holder kulit murah dan mudah

Tak perlu mahal untuk membuat id card holder kulit murah dan mudah

Tak perlu mahal untuk membuat id card holder kulit murah dan mudah

Tak perlu mahal untuk membuat id card holder kulit murah dan mudah. Tidak banyak orang tahu, bahwa mempelajari proses pembuatan id card holder merupakan hal yang mudah untuk dilakukan. Id card holder ialah sebuah tempat penyimpanan yang digunakan untuk meletakkan kartu identitas atau id card. Id card holder dapat dibuat menggunakan dua macam bahan, yaitu plastik dan kulit. Id card holder berbahan dasar plastik memiliki berat yang lebih ringan karena diproduksi dari plastik yang tipis. Sedangkan id card holder berbahan dasar kulit akan sedikit lebih berat, tergantung jenis kulit yang digunakan.

Pada umumnya, orang akan menggunakan id card holder plastik karena dijual dengan harga yang lebih murah. Akan tetapi, produk tersebut tidak dapat bertahan lama sebagaimana id card holder kulit. Ketebalan kompisisi material yang digunakan dalam pembuatan id hard holder berbahan kulit, membuat holder tersebut lebih tahan lama (awet). Namun, tidak banyak orang yang memilih menggunakan id card holder berbahan kulit karena harga belinya yang mahal. Untuk itu, artikel ini akan memberikan informasi kepada kamu tentang cara pembuatan id card holder kulit yang mudah dan terjangkau. Simak dan ikuti langkah-langkah berikut ya, teman-teman!

Id Card Holder Kulit

Sebelum masuk dalam proses pembuatan id card holder kulit, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mempersiapkan peralatan dan perlengkapan yang diperlukan. Bahan utama pembuatan id card holder tersebut adalah kulit. Untuk itu, siapkan terlebih dahulu bahan kulit yang akan kamu pakai. Kamu dapat memilih produk kulit binatang asli maupun kulit sintesis. Apabila kamu berniat menggunakan kulit binatang asli, kamu dapat memperoleh bahan tersebut melalui dua cara. Pertama, melakukan proses penyamakan kulit, yakni mengubah kulit binatang yang masih mentah menjadi kulit siap pakai untuk produksi.

Penyamakan kulit dilakukan dengan perendaman kulit dan dilanjutkan dengan pengapuran dengan tujuan untuk melepaskan bulu atau kelenjar yang masih menempel pada kulit. Setelah pengapuran dilakukan, hilangkan kapur yang tersisa dari kulit dan lakukan proses pembantingan kulit. Terakhir, lakukan pengasaman dan finishing dengan mengetam, memucatkan, mengecatan dasar, meminyaki, mengeringkan, dan melembabkan sehingga kulit tersebut siap untuk digunakan. Akan tetapi, apabila kamu merasa hal itu terlalu sulit dilakukan, kamu dapat langsung membeli jenis kulit siap produksi.

Jangan lupa untuk membeli produk pada toko yang memiliki kualitas kulit terbaik dan asli. Setelah bahan produksi utama telah kamu peroleh, langkah selanjutnya adalah membentuk pola. Kamu dapat menggambarkan pola id card holder yang kamu inginkan di atas bahan kulit tersebut. Sebaiknya, kamu telah memiliki rancangan gambar pada kertas lainnya agar tidak banyak melakukan kesalahan saat membentuk pola di kulit. Ketika pola telah dibentuk, potong kulit tersebut sesuai dengan rancangan yang ada.

Card Holder Kulit

Jahit setiap tepi dari pola id card holdermu secara rapi. Sisakan bagian atas holder tersebut tanpa jahitan untuk tempat memasukkan id card nantinya. Sebagai gantinya, berikan tambahan kancing atau magnet di ujung agar kartu-kartumu tersimpan secara aman. Jangan lupa untuk menyisakan ruang di bagian depan id card holder dan pasang plastik tebal atau mika sebagai gantinya, sehingga informasi dalam id cardmu dapat mudah dibaca. Terakhir, pasang pengail untuk mengaitkan tali id card dengan id card holder agar bisa kamu letakkan dimana saja, misalnya di leher, di tangan, maupun di saku. Akhirnya, id card holder kamu siap digunakan untuk menyimpan kartu identitasmu. Bagaimana menurut kalian? Membuat id card holder kulit mudah dan tidak mahal kan? Selamat mencoba membuat di rumah, semoga berhasil!

 

 

Tak perlu mahal untuk membuat id card holder kulit murah dan mudah

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.