Ketahuilah Cara Merawat Tote Bag Yang Benar

Tote bag merupakan tas besar yang berbentuk kotak dan memiliki 2 buah pegangan paralel pada bagian atasnya. Pada awalnyatote bag ini sering digunakan sebagai tas belanjaan pengganti plastik yang dapat dipakai secara berulang. Namun seiring berkembangnya zaman, jenis tas ini sudah berubah fungsi sebagai model tas baru dikalangan anak muda. Ada beberapa cara merawat tote bag yang perlu anda ketahui agar tas ini awet dan tahan lama.

Ada berbagai macam jenis kain yang digunakan untuk bahan dasar pembuatan tote bag, yaitu kain spunbond, kain blacu, kain kanvas, kulit, hingga kain drill. Jika anda menanyakan jenis bahan mana yang bagus dari tote bag ini, maka jawabannya adalah setiap bahan mempunyai karakteristiknya masing-masing serta memiliki keunggulan yang berbeda. Jadi, untuk yang paling bagus balik lagi tergantung dengan kebutuhan anda.

Saat ini tote bag banyak digunakan dikalangan mahasiswa untuk dijadikan sebagai pelengkap penampilan saat pergi ke kampus. Maka dari itu banyak pelaksana seminar yang memilih tote bag sebagai paket seminar kit yang diberikan kepada peserta seminar. Sebagian besar seminar diadakan oleh kalangan mahasiswa dan ditujukan pula untuk mahasiswa. Itulah mengapa tote bag semakin populer dikalangan anak muda saat ini.

Ada banyak pilihan desain serta warna yang bisa anda pilih dari tote bag ini. Selain banyak pilihan desain, jenis tas ini juga memiliki harga yang terjangkau dikalangan anak muda. Jadi, anda tidak perlu khawatir jika ingin mengoleksi tote bag dengan berbagai desain dan pilihan warna.

Cara merawat tote bag, Sumber : lazada.co.id
Cara merawat tote bag, Sumber : lazada.co.id

Tips Perawatan Tote Bag Yang Benar

Di bawah ini telah kami rangkumkan cara merawat tote bag yang perlu anda ketahui agar awet dan tahan lama. Karena jika anda salah dalam merawatnya, tote bag akan cepat rusak dan akan mengurangi keindahan saat anda menggunakannya.

1. Rutin Mencuci Tote Bag

Rutin mencuci tote bag merupakan salah satu cara yang dapat anda lakukan untuk merawat jenis tas ini. Tujuannya untuk menghindari noda membandel karena kotoran yang menumpuk akibat tidak pernah dicuci. Jika sudah terlanjur terkena noda yang membandel akan sulit untuk dihilangkan. Lebih disarankan untuk anda mencuci tote bag dengan cara manual menggunakan tangan.

Jika anda akan mencuci tote bag, langkah awal sendirikan dengan pakaian lainnya. Tujuannya untuk menghindari hal-hal yang tidak diingikan, sebagai contohnya tote bag anda terkena lunturan warna dari pakaian yang lain. Oleh sebab itu, sebelum mencuci tote bag pastikan anda memisahkan dari pakaian yang lain agar aman.

Rutin mencuci tote bag, Sumber : beritatagar.id
Rutin mencuci tote bag, Sumber : beritatagar.id

2. Gunakan Deterjen

Jika di tote bag anda ada noda, maka sebaiknya anda menggunakan bantuan dari deterjen untuk menghilangkan noda tersebut. Caranya anda cukup memberikan sedikit deterjen ke bagian noda membandel yang sulit dibersihkan. Kemudian anda bisa menguceknya atau menyikatnya. Namun pastikan jika gambar sablon yang ada di tote bag aman bila diberi deterjen.

Setelah anda merasa bahan tersebut aman, maka anda boleh melanjutkan memberikan deterjen tersebut ke tote bag anda. Setelah dirasa noda hilang, anda bisa membilas tote bag menggunakan air mengalir. Pastikan tas anda sudah bersih dan tidak ada deterjen yang masih menempel.

Penggunaan deterjen, Sumber : garam.co.id
Penggunaan deterjen, Sumber : garam.co.id

3. Perhatikan Ketika Menyikat Tote Bag

Setelah mengoleskan deterjen pada noda yang membandel, selanjutnya anda membutuhkan bantuan dari sikat halus untuk menghilangkan noda dan kotoran yang membandel tersebut. Biasanya jenis kotoran yang menempel pada tote bag ini berupa bercak tanah ataupun debu yang mengendap. Untuk menghilangkannya, anda perlu menggosokan sikat pada bagian noda tersebut secara perlahan.

Lakukanlah secara hati-hati tidak perlu menyikatnya secara berlebihan. Usahakan anda menyikatnya dengan satu arah, supaya bahan dari tote bag ini tetap terjaga dan tidak cepat rusak. Sebab, jika serat kain yang digunakan pada tote bag ini akan cepat rusak apabila terkena gesekan yang berlebihan.

Ilustrasi menyikat, Sumber : rukita.co
Ilustrasi menyikat, Sumber : rukita.co

4. Hindari Menjemur Di Bawah Sinar Matahari

Tahap berikutnya hindarilah menjemur tote bag yang telah anda cuci di bawah sinar matahari secara langsung. Apabila memiliki tote bag berwarna hitam atau gelap, maka jangan menjemur tote bag tersebut di bawah sinar matahari langsung. Sama halnya dengan pakaian, jika tote bag warna gelap di jemur di bawah sinar matahari secara terus menerus akan membuat warnanya berubah menjadi kemerahan. Anda cukup mengangi-anginkan saja dan membiarkan tote bag kering dengan sendirinya.

Selain itu, menjemur tote bag di bawah sinar matahari langsung juga dapat membuat printing tote bag anda menjadi kaku dan pecah-pecah. Serta jika anda ingin menjemurnya, maka jangan memeras tote bag terlalu keras. hal tersebut dapat menyebabkan serat kain dari tas anda rusak. Jadi, lakukanlah secara perlahan proses pemerasannya tidak perlu menggunakan tenaga yang berlebihan.

Ilustrasi menjemur, Sumber : ngobrolin.id
Ilustrasi menjemur, Sumber : ngobrolin.id

5. Simpan Ditempat Yang Sejuk dan Kering

Selanjutnya dalam hal penyimpanan tote bag juga menjadi salah satu point yang penting dalam perawatannya. Hindarilah menyimpan tote bag ditempat yang lembab. Simpanlah tote bag ditempat yang kering dan sejuk, anda bisa menyimpannya dengan cara digantung pada stand hanger misalnya. Tujuannya untuk menghindarkan tote bag dari serangan jamur yang diakibatkan oleh tempat yang lembab.

Ilustrasi menggantung tas, Sumber : suara.com
Ilustrasi menggantung tas, Sumber : suara.com

Itu tadi informasi mengenai cara merawat tote bag yang benar, agar tas anda awet serta tahan lama dan tidak mudah rusak. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat. Anda bisa mendapatkan informasi menarik seputar model tas yang digunakan mahasiswa atau informasi lainnya yang ada di laman website Aleta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.