Mengenal Bahan Suede Beserta Kelebihan dan kekurangannya

Barang yang berasal dari bahan kulit kian hari semakin banyak penggemarnya. Ada salah satu jenis leather yang memiliki tekstur permukaan sangat halus yakni suede. Saat ini bahan ini cukup terkenal di kalangan pengrajin maupun konsumen menggunakan bahan ini, karena kelebihan yang dimiliki bahan suede.

Banyak orang yang mengira bahwa bahan suede dengan beludru itu sama. Namun kenyataannya kedua bahan tersebut berbeda. Meskipun jika dilihat secara kasat mata memiliki kesamaan dari segi karekteristiknya yang halus pada permukaan. Tetapi tetap saja suede dengan beludru adalah dua bahan yang berbeda.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas seputar bahan suede. Mulai dari kelebihan, kekurangan, hingga cara perawatannya. Untuk Anda yang penasaran mengenai pembahasan seputar bahan suede ini bisa membaca artikel dari Aleta hingga akhir ya.

Ilustrasi sofa dengan bahan suede, Sumber: aca.co.id
Ilustrasi sofa dengan bahan suede, Sumber: aca.co.id

Apa Itu Suede?

Bahan suede adalah jenis kulit yang terbuat melalui proses penyamakan kulit. Suede diambil dari bagian dalam kulit hewan. Pada umumnya kulit hewan yang digunakan untuk menghasilkan bahan suede ini meliputi sapi, domba, kambing, hingga rusa. Oleh karena itu, tekstur yang dihasilkan dari bahan suede ini sangat halus.

Baca juga: 5 Tips Praktis Untuk Membedakan Tas Kulit Sapi Asli dan Sintetis

Tekstur yang sangat halus dari suede itulah mengapa bahan ini sering dikira sama dengan beludru. Pada awalnya penyebutan suede ini berasal dari bahasa Perancis “gants de suede“. Arti dari “gants de suede” tersebut ialah sarung tangan lembut yang berasal dari Swedia.

Tampilan dari bahan suede yang sangat halus inilah yang membuatnya terlihat mewah. Kesan mewah yang ditimbulkan dari bahan suede yang membuatnya mulai digemari banyak orang, terlebih untuk orang yang berkecimpung di dunia fashion.

Kelebihan Bahan Suede

Ada beberapa aspek keunggulan dari bahan ini yang membuatnya semakin populer dikalangan masyarakat. Selain menampilkan kesan mewah yang natural terdapat kelebihan lain dari bahan suede, yakni sebagai berikut.

Dari Segi Harga Cukup Terjangkau

Daya tarik dari bahan suede ini juga terletak dari segi harga yang ditawarkannya. Di pasaran sendiri bahan suede ini memiliki harga yang cukup terjangkau, sehingga semakin banyak peminatnya. Apalagi bahan suede yang dibuat tas atau sepatu memiliki tampilan yang indah dan menawan.

Jika sepatu atau tas tersebut digunakan, maka akan mempercantik penampilan si pengguna. Terlebih lagi salah satu manfaat penggunaan tas adalah untuk menunjang penampilan. Sehingga pemilihan bahan suede ini cocok untuk menambah keanggunan bagi penggunanya.

Dari Segi Kenyamanan

Untuk bahan suede yang digunakan sebagai bahan pembuatan sepatu dapat memberikan kenyamanan bagi penggunanya. Karena bahan ini menimbulkan kesan yang sejuk saat digunakan, sehingga saat digunakan kaki Anda tidak akan merasakan gerah dan berkeringat.

Bahan suede terbuat dari bagian dalam kulit hewan sehingga menghasilkan bahan yang halus dan lembut. Bahan yang halus tersebut akan membuat nyaman penggunanya. Tidak hanya untuk sepatu saja, namun juga untuk sofa yang berasal dari bahan suede.

Dari Segi Keawetan

Bahan suede memiliki kelebihan dari segi keawetannya, bahan ini dikenal tidak mudah rusak. Jika dilakukan perawatan yang tepat, maka barang dari suede dapat bertahan lama. Selain itu bahan suede juga dikenal dengan bahan yang tidak mudah terbakar.

Tas dari bahan suede, Sumber: harapanrakyat.com
Tas dari bahan suede, Sumber: harapanrakyat.com

Kekurangan Bahan Suede

Jika ada kelebihannya, maka tidak dapat dipungkiri bahwa terdapat pula kekurangannya. Ada beberapa point yang menjadi kekurangan dari bahan suede yang lembut ini.

Masih Susah Dijumpai

Meskipun bahan yang satu ini banyak penggemarnya, namun pada kenyataannya yang jual bahan suede ini masih sulit ditemui di pasaran. Salah satu alasannya karena bahannya yang mudah terkena noda dan kotor. Untuk mengatasinya, pedagang akan membuka sistem pre order (PO).

Baca juga: Id Card Holder dari Kulit yang Cocok untuk Gaya Kekinian

Memerlukan Perawatan Khusus

Kekurangan bahan suede selanjutnya adalah dari segi perawatannya yang sulit. Diperlukan perawatan khusus agar barang dari bahan suede tetap terjaga keawetannya. Karena terbuat dari bahan yang berkualitas itulah jika perawatannya kurang tepat, akan membuatnya cepat rusak.

Cara Perawatan Bahan Suede

Jika Anda memiliki barang-barang yang terbuat dari bahan suede ini, maka diperluka beberapa tips agar barang tetap terjaga keawetannya. Anda bisa mengikuti beberapa tips berikut.

  • Tidak menggunakan air. Hal pertama yang harus Anda perhatikan dalam perawatan bahan suede adalah tidak menggunakan air. Alasannya karena penggunaan air untuk bahan suede akan membuat tekstur dari bahan mudah rusak.
  • Menggunakan sikat gigi. Alat yang dapat Anda gunakan untuk membersihkan noda yang menempel pada barang-barang berbahan suede adalah sikat gigi. Sikat gigi memiliki bulu halus yang cocok diaplikasikan untuk membersihkan noda yang menempel di permukaan barang.
  • Menggunakan cairan pembersih khusus. Untuk melindungi tektur dari bahan suede agar tetap awet dan indah, maka dibutuhkan cairan pembersih khusus bahan suede. Anda bisa membeli cairan khusus suede ini di marketplace yang tersedia.
  • Gunakan penghapus karet. Untuk membersihkan noda ringan yang menempel, Anda bisa menggunakan bantuan dari penghapus karet. Noda ringan tersebut contohnya ialah debu halus.
Sepatu bahan suede, Sumber: notepam.com
Sepatu bahan suede, Sumber: notepam.com

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai bahan suede meliputi kelebihan, kekurangan, hingga cara perawatannya. Untuk Anda yang tertarik untuk memiliki berbagai barang yang terbuat dari kulit yang berkualitas, maka bisa melakukan pemesanan di Aleta Leather.

Aleta Leater menyediakan berbagai barang yang terbuat dari kulit asli mulai dari dompet kulit, tas kulit, paket seminar kit kulit, hingga berbagai produk kulit lainnya. Bahkan Anda bisa melakukan pemesanan secara custom kepada Aleta Leather mengenai barang yang Anda inginkan.

Untuk Informasi lebih lanjutnya bisa Anda dapatkan dengan menghubungi ke kontak Aleta yang telah tersedia di laman website ini. Aleta Leather dengan senang hati melayani kebutuhan Anda mengenai berbagai bahan kulit dengan harga yang terjangkau.

Terima kasih telah bersedia membaca artikel di atas, jangan lupa untuk mengikuti berbagai artikel kami lainnya ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.