Kurang Percaya Diri? Simaklah Tips Sederhana Agar Lancar Berbicara

Tips Lancar Berbicara – Saat akan berbicara di depan umum, sering kali ada rasa kurang percaya diri muncul secara tiba-tiba. Sebenarnya hal tersebut merupakan hal yang wajar dan kerap kali terjadi. Anda selalu merasakan bahwa anda bukanlah orang yang pandai berbicara di depan umum.

Hal seperti ini sering kali terjadi di kalangan mahasiswa, beberapa orang akan merasa minder karena teman di sekelilingnya pandai berbicara. Namun sebenarnya diri anda juga bisa melalukannya, hanya saja ada perasaan takut salah yang terlalu menguasai diri anda.

Perasaan takut salah itulah yang membuat anda kurang percaya diri saat berbicara di depan umum. Alasan itu pulalah yang menyebabkan anda merasa tidak mau lagi mengemukakan pendapat anda. Padahal berbicara di depan umum sangatlah penting di lakukan untuk mengembangkan potensi anda.

Berbicara di depan umum, Sumber : hipwee.com
Berbicara di depan umum, Sumber : hipwee.com

Berbicara di depan umum memanglah berbeda dengan berbicara sehari-hari. Namun aktivitas berbicara merupakan hal yang sering dilakukan dimana saja. Bahkan tidak ada satu haripun anda tidak melakukan pembicaraan di tengah lingkungan sosial anda.

Pada saat anda akan melakukan presentasi di bangku kuliah walaupun sudah mempersiapkannya dengan baik, kadang kala rasa gugup tiba-tiba menyerang anda. Saat itulah anda jadi bingung mau menyampaikan apa, bahkan terkadang kata yang terucap terasa tidak sejalan dengan pemikiran anda.

Cara Lancar Berbicara di Depan Umum

Agar kegiatan berbicara di depan umum anda lancar, maka anda perlu mengetahui beberapa tips lancar berbicara di bawah ini. Anda bisa menerapkan cara-cara berikut, agar anda merasa lebih percaya diri dengan kemampuan berbicara anda.

1. Sering Berlatih

Melakukan banyak latihan memang sangat diperlukan untuk memperlancar kemampuan anda berbicara di depan umum. Semakin sering anda berlatih dapat memupukkan rasa nyaman ketika harus tampil berbicara. Apabila anda belum berani latihan di depan orang, cukup berlatihlah di depan kaca.

Ekspresikan keseluruhan gestur anda saat berbicara, agar anda dapat melihatnya secara langsung di depan kaca. Lakukan latihan berbicara tersebut sesering mungkin bahkan lakukanlah walaupun anda tidak akan tampil di depan umum, dengan berlatih akan menambah kemampuan anda.

Seorang publik figur yang sering tampil di depan umum juga menyarankan untuk sesering mungkin berlatih bicara sendiri di depan kaca. Intinya janganlah pernah bosan untuk berlatih dan terus berlatih, apabila anda ingin bisa lancar berbicara di depan banyak orang.

Karena terkadang yang membuat anda tidak lancar berbicara di depan umum adalah keragu-raguan yang ada di dalam diri anda. Coba fokuslah menyampaikan apa yang perlu disampaikan, tidak perlu anda takut bahwa apa yang anda sampaikan tersebut salah.

Berlatih di depan kaca, Sumber : tambahpinter.com
Berlatih di depan kaca, Sumber : tambahpinter.com

2. Memikirkan Hal-hal Positif

Memikirkan sesuatu hal yang positif bisa menghilangkan rasa gugup dan rasa takut di dalam diri anda. Jika anda berpikir hal-hal yang baik maka perasaan dan otak akan menjadi baik pula, dan itu merupakan pengaruh besar yang dapat meningkatkan kepercayaan diri anda.

Cobalah memikirkan hal-hal baik dan anggaplah bahwa semua akan baik-baik saja. Saat tampil di depan umumpun fokus saja pada materi yang perlu anda sampaikan. Anggaplah audien di depan adalah teman terdekat anda yang biasa anda ajak bercerita.

Anggapan tersebut dapat membuat anda lebih rileks dan dapat mengurangi kesalahan berbicara di depan umum. Karena anda merasa sedang berbicara atau berbincang dengan teman-teman kampus anda, seperti yang anda lakukan sehari-sehari.

Selalu berpikir positif, Sumber : portaljember.pikiran-rakyat.com
Selalu berpikir positif, Sumber : portaljember.pikiran-rakyat.com

3. Melakukan Kontak Mata

Menjaga kontak mata dengan audien atau orang yang anda ajak bicara, secara tidak langsung akan membuat anda mendapatkan energi tambahan. Kontak mata dengan audien tersebut akan memberikan anda keberanian yang lebih dan menandakan bahwa anda sudah percaya diri.

Selain itu, dengan melakukan kontak mata juga dapat membuat anda merasa lebih fokus pada saat menyampaikan sesuatu hal. Apabila sudah terjadi kontak mata yang intens dengan penonton, mulailah berbicara dan biarkan pembicaraan tersebut mengalir seperti adanya.

Ilustrasi kontak mata, Sumber : kompasiana.com
Ilustrasi kontak mata, Sumber : kompasiana.com

4. Memupuk Rasa Percaya Terhadap Kemampuan Diri

Hal yang tidak kalah penting untuk tips lancar berbicara di depan umum ialah memupuk rasa percaya bahwa anda mampu dan bisa. Apabila anda sudah bisa percaya pada diri anda sendiri, maka semuanya dapat dengan mudah dilalui.

Percaya pada kemampuan sendiri secara tidak langsung juga akan meningkatkan kepercayaan diri anda dan membuat rasa gugup perlahan menghilang. Jangan mendengarkan pendapat buruk dari orang lain, intinya yakinkan diri anda sendiri bahwa anda bisa melewatinya.

Mendengarkan komentar buruk orang lain hanya akan membuat mental anda down, dan melunturkan semangat anda. Karena yang paling mengerti kemampuan anda adalah diri anda sendiri, jadi anda tidak perlu memusingkan perkataan buruk orang lain terhadap anda.

Memupuk rasa percaya terhadap kemampuan diri, Sumber : intankatamotivasi.wordpress.com
Memupuk rasa percaya terhadap kemampuan diri, Sumber : intankatamotivasi.wordpress.com

5. Mengatur Pola Nafas

Salah satu hal yang sering terjadi sebelum berbicara di depan umum adalah rasa gugup. Hal tersebut merupakan sebuah kewajaran yang terjadi pada setiap orang. Untuk mengatasinya, anda hanya perlu mengatur pola pernafasan anda agar lebih stabil.

Karena rasa gugup yang berlebihan akan mengakibatkan panik. Jika anda panik, maka anda tidak dapat fokus dan berpikir dengan jernih. Carilah tempat untuk anda menyendiri dan lakukan latihan pernafasan untuk membuat anda merasa lebih tenang.

Ilustrasi mengatur pernafasan, Sumber : 99.co
Ilustrasi mengatur pernafasan, Sumber : 99.co

Apabila anda memerlukan paket seminar kit untuk acara atau kegiatan di kantor maupun kampus, maka anda dapat menguhubungi Aleta untuk melakukan pemesanan. Aleta menyediakan berbagai paket seminar kit murah dan terjangkau untuk anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai tips lancar berbicara di depan umum. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat serta menambah wawasan anda untuk tampil di depan umum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.