Manfaat Buku Harian Ternyata Ini, Intip yuk!

Apa itu buku harian? Buku harian bisa diartikan sebagai buku yang berisi catatan berbagai peristiwa yang terjadi di hidup seseorang. Buku harian juga bisa berisi catatan-catatan penting, misalnya saja bersangkutan dengan pekerjaan. Selain itu, ternyata buku harian membawa berbagai manfaat yang jarang sekali orang ketahui.

Kebiasaan menulis di buku harian sebenarnya sudah terjadi sejak zaman dahulu. Dari buku harian kita bisa melihat dan mengenang berbagai peristiwa yang telah kita lewati. Buku harian ini juga biasa dikenal dengan sebuatan diary. Biasanya buku ini selalu dibawa kemana saja oleh pemiliknya.

Saking melekatnya dengan kehidupan seseorang, banyak yang menjadikan buku harian ini sebagai souvenir untuk berbagai acara. Misalnya saja menjadi satu paket seminar kit di acara seminar. Tampilan dari buku harianpun juga bermacam-macam, ada banyak pilihan.

Manfaat menulis buku harian, Sumber: riaupos.jawapos.com
Manfaat menulis buku harian, Sumber: riaupos.jawapos.com

Biasanya banyak orang yang memilih buku harian dari sampul luarnya. Sampul buku harian bisa dibuat dari kulit sehingga tampilannya lebih eksklusif dan menawan. Selain itu juga ada yang menggunakan berbagai kertas sebagai alat untuk menghias buku harian.

Semakin menariknya tampilan dari diary ini, membuat seseorang semakin ingin menulis di dalamnya. Menceritakan seluruh keluh kesahnya hingga menuliskan catatan penting agar tidak lupa. Sehingga suatu saat jika catatan itu dibutuhkan, Anda hanya tinggal melihatnya di buku harian.

Manfaat Menulis Buku Harian

Buku harian bukan hanya sekedar buku yang di dalamnya terisi berbagai catatan mengenai berbagai kebutuhan Anda. Namun ternyata buku harian juga memberikan manfaat baik bagi kondisi kesehatan mental loh. Berikut beberapa manfaat buku diary yang jarang Anda ketahui.

Membantu Mengontrol Emosi

Berbagai masalah dan cobaan dalam hidup tentu saja dilalui oleh setiap orang. Ada yang bisa mengungkapkannya, bahkan ada juga yang hanya dipendam. Untuk mencurahkan berbagai emosi, Anda bisa menggunakan buku harian untuk membantu mengeluarkannya.

Ketika menulis apa yang Anda rasakan di diary, perasaan Anda akan lebih lega. Hal tersebut juga akan meminimalisir sewaktu-waktu emosi Anda meledak karena memendamnya selama ini. Maka dari itu untuk menghindari ledakan emosi, Anda bisa mencurahkannya di buku harian tersebut.

Membantu mengontrol emosi, Sumber: gatra.com
Membantu mengontrol emosi, Sumber: gatra.com

Membantu Menjernihkan Pikiran

Manfaat menulis diary selanjutnya ialah membantu menjernihkan pikiran. Akibat rasa lelah dan stres yang terjadi dapat membuat pikiran kacau. Menulis di buku harian dapat menjadi solusi untuk menjernihkan pikiran Anda. Anda bisa menuangkan rasa stres Anda melalui tulisan.

Bahkan saat sedang merasa kesal dengan diri sendiri, Anda bisa mencurahkannya di buku harian. Tujuannya agar Anda bisa berdamai dengan diri sendiri. Jika rasa tersebut tidak diatasi dapat mengganggu kondisi kesehatan mental Anda semakin memburuk.

Ilustrasi pikiran yang kacau, Sumber: lokerjogja.id
Ilustrasi pikiran yang kacau, Sumber: lokerjogja.id

Membantu Menurunkan Rasa Cemas

Sering kali kita dibuat cemas dengan berbagai kondisi dan keadaan. Tidak jarang rasa cemas ini mengganggu aktivitas sehari-hari, misalnya saja pola tidur. Jika pola tidur terganggu, aktivitas lainnya juga akan ikut terganggu. Di pagi hari Anda akan merasa lelas dan tidak bisa fokus.

Tingkat konsentrasi juga menurun, hal itu akan mengganggu pekerjaan Anda. Salah satu solusi untuk mengurangi rasa cemas tersebut, Anda bisa menuliskan hal yang Anda khawatirkan. Kemudian tuliskan pula dengan hal-hal positif yang perlu Anda syukuri.

Baca juga: Pouch Kulit, Rekomendasi Item Untuk Menemani Kegiatan Formal Anda

Melihat tulisan mengenai hal-hal positif di dalam hidup Anda akan membuat perasaan jauh lebih tenang. Memang tidak bisa langsung menghilang, tapi setidaknya rasa cemas yang Anda alami sedikit berkurang. Sehingga dapat membantu tidur Anda lebih nyenyak dan tidak akan mengganggu aktivitas lain.

Membantu menurunkan rasa cemas, Sumber: cnnindonesia.com
Membantu menurunkan rasa cemas, Sumber: cnnindonesia.com

Membantu Mengenal Diri Sendiri

Manfaat menulis buku harian juga bisa membantu Anda lebih mudah mengenal diri sendiri. Karena faktanya masih banyak orang yang belum mengenali diri sendiri secara baik. Anda bisa menceritakan berbagai hal yang Anda sukai maupun yang tidak disukai.

Selain itu Anda juga bisa menuliskan mengenai harapan-harapan yang ingin dicapai. Dengan menuliskan hal-hal yang berkaitan dengan diri sendiri, akan membantu lebih mudah mengenali bagaimana sebenarnya karakterter Anda. Jadi Anda bisa lebih memahami lagi, apa yang perlu Anda lakukan di dalam hidup ini.

Ilustrasi mengenal diri sendiri, Sumber: insanq.co.id
Ilustrasi mengenal diri sendiri, Sumber: insanq.co.id

Membantu Diri Lebih Disiplin

Buku harian juga memberikan manfaat untuk membantu diri Anda lebih disiplin. Anda bisa menggunakan buku harian untuk menuliskan jadwal harian rutin. Sehingga hidup Anda menjadi lebih teratur dan terarah. Selain itu Anda juga bisa menuliskan berbagai harapan untuk 1 tahun ke depan.

Jadi tidak hanya untuk sesi “curhat” saja, namun buku harian juga bisa membantu untuk membuat pola hidup Anda menjadi lebih disiplin. Terkadang orang akan lupa dengan apa yang semestinya dikerjakan agar lebih produktif. Maka dari itu, adanya buku harian ini akan membantu Anda menjadi lebih produktif.

Menjadi lebih disiplin, Sumber: edukasi.ekozone.com
Menjadi lebih disiplin, Sumber: edukasi.ekozone.com

Jangan remehkan kondisi kesehatan mental ya. Jika Anda tidak bisa mengungkapkan apa yang Anda rasakan kepada orang lain, maka Anda bisa menuangkannya melalui tulisan. Anda bisa memilih buku harian berbagai model dan tampilan agar nyaman untuk menulis di dalamnya.

Bisa berbentuk binder dari bahan kulit atau model buku harian yang Anda sukai. Untuk mendapatkan buku binder kulit tersebut, Anda bisa menghubungi Aleta Leather untuk pemesanannya. Aleta Lether menyediakan berbagai paket seminar kit murah, tas kulit, dompet kulit, dan yang lainnya.

Anda bisa menghubungi kami melalui kontak yang tersedia di laman website ini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Terima kasih telah menyimak informasi mengenai manfaat dari buku harian di atas. Ikuti berbagai informasi seputar produk kulit lainnya, hanya di Aleta Leather.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.