Berbagai Aplikasi Webinar yang Sering Digunakan

Seminar online berbeda dari sisi cara pelaksanaannya dibandingkan dengan seminar biasa. Salah satunya adalah penggunaan aplikasi webinar. Webinar memang tidak bisa dilakukan tanpa penggunaan aplikasi webinar karena sifatnya harus interaktif jarak jauh.

Aplikasi webinar sebenarnya bukanlah hal baru. Namun karena situasi pandemi seperti sekarang ini, aplikasi webinar semakin dikenal sebagai alternatif untuk membuat pertemuan yang tidak beresiko pada penyebaran virus. Nah, apa saja aplikasi webinar yang sering digunakan?

Jenis Webinar

Webinar untuk pebisnis berbeda dengan webinar yang murni untuk edukasi. Webinar untuk pebisnis biasanya tetap bersifat edukatif namun harus memberikan feedback yang positif bagi penyelenggara. Nah, jenis webinar yang biasa diadakan oleh pebisnis juga ada beberapa. Berikut ulasan yang dikutip dari entrepreneur.com.

Zoom, sumber Zoom BLog
Zoom, sumber Zoom Blog

The Lead-Generation or Sales Webinar

Ini adalah jenis webinar yang sering dipakai oleh para pemasar untuk meningkatkan jumlah leads. Jenis webinar ini biasanya hanya meminta peserta untuk mendaftarkan data diri dan email di website. Sebagai gantinya, panitia akan memberikan akses ke webinar serta materi atau modul yang nantinya akan dibutuhkan saat seminar berlangsung.

Apa pun isi webinarnya, pastikan agar bermanfaat, menarik, dan menimbulkan keinginan audiens untuk membeli produk. Anda juga bisa mengenalkan produk dan beri potongan harga ke audiens yang menonton webinar sebagai bonusnya. Hal ini dapat meningkatkan potensi penambahan leads.

Melalui strategi ini, Anda tak perlu bingung-bingung harus memaksimalkan upaya promosi ke mana. Sebab, orang-orang yang menonton webinar adalah calon pelanggan potensial. Ibaratnya, Anda tinggal menyentil mereka agar menjadi pelanggan Anda.

Google Meet, sumber Ars Tecnica
Google Meet, sumber Ars Tecnica

The One-Off For-Profit Webinar

Jenis webinar satu ini tidak dipakai untuk mempromosikan produk. Namun webinar ini sendiri merupakan produk yang ditawarkan kepada para konsumen. Jika para konsumen tertarik, maka konsumen perlu membayar dan akan mendapatkan berbagai hal terkait seminar seperti akses dan yang sejenisnya.

The Multi-Module Webinar or Webinar Series

Jenis webinar yang satu ini bisa disebut sebagai tipe webinar dengan topik paling mendalam. Mengingat webinar ini dibagi menjadi lebih dari satu series, topik yang dipilih tentunya dapat dijelaskan secara komprehensif. Selain itu, para peserta juga mendapat kesempatan lebih banyak jika ingin mengajukan pertanyaan dan pertanyaan yang mungkin bisa menjadi topik pada seri webinar selanjutnya.

Forum webinar series ini disajikan dan mampu menarik minat peserta untuk melanjutkan ke series berikutnya. Alasan membuatnya menjadi beberapa bagian bisa saja karena topik yang dibahas memang tidak efektif jika hanya dibahas tuntas dalam satu kali pertemuan. Bisa juga karena memang materi topik yang banyak.

Demio, sumber Dribble
Demio, sumber Dribble

Aplikasi Webinar

Berbagai jenis webinar di atas dapat Anda laksanakan dengan berbagai aplikasi webinar pilihan Anda. Ada beberapa aplikasi seminar online yang sudah sering digunakan. Apa saja aplikasinya? Simak informasi berikut.

1. Zoom

Aplikasi webinar yang satu ini mungkin yang paling tenar selama pandemi covid-19 berlangsung. Padahal, aplikasi ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 2013 yang lalu. Aplikasi ini dianggap yang paling mudah untuk dipahami dan digunakan.

Zoom menyediakan video dengan kualitas HD dengan audio yang jernih sehingga nyaman digunakan saat kegiatan webinar berlangsung. Aplikasi ini bisa menampung maksimal 100 peserta seminar aktif sehingga jangkauannya luas. Versi gratis dibatasi durasi penggunaanya hanya 40 menit, jika butuh durasi lebih lama dianjurkan memakai versi berbayar.

Live Storm, sumber livestorm
Live Storm, sumber livestorm

2. Googel Meet

Google juga menghadirkan aplikasi untuk mendukung kegiatan meeting maupun seminar online. Yakni Google Meet yang di Play Store bisa ditemukan dengan nama Google Hangout. Aplikasi ini menawarkan fitur yang lengkap untuk menunjang kegiatan meeting dan seminar. Tidak salah jika banyak EO webinar memakainya saat meeting dengan klien.

Google Meet mendukung multi platform dan memiliki fitur berbagi layar dan juga chat untuk ruang diskusi di sela-sela webinar. Pengguna email google mungkin merasa lebih praktis menggunakan aplikasi yang satu ini karena sudah bisa terkoneksi saat login.

3. EZ Talks

Meskipun dapat digunakan secara gratis, ezTalks bukanlah aplikasi yang bisa dipakai secara bebas selamanya. Untuk versi gratis, ezTalks membatasi durasi pemakaian untuk satu kali webinar, dan sejumlah fiturnya juga hanya tersedia untuk pengguna premium.

Fiturnya sendiri antara lain file sharing, chat, berbagi layar, dan juga fitur multi perangkat. Jika Anda merasa fitur-fitur umum ini terasa kurang demi kelancaran seminar online yang diadakan, Maka bisa menggunakan versi berbayar yang kabarnya memiliki fitur yang lebih kompleks.

ez Talks, sumber issuewire
ez Talks, sumber issuewire

4. Demio

Aplikasi ini dapat digunakan secara gratis pada masa percobaan. Namun jika Anda menginginkan fasilitas lebih dari aplikasi ini, Anda dapat melakukan pembayaran sesuai paket yang anda pilih dengan fasilitas yang anda pilih tentunya. Fasilitas atau fiturnya seperti chat, video HD dan fitur aplikasi seminar online pada umumnya.

5. Live Storm

Aplikasi ini memang dikembangkan khusus untuk keperluan sekolah online, webinar dan kegiatan yang membutuhkan video conferrence lainnya sehingga fitur-fitur di dalamnya memang diciptakan khusus untuk menunjang fungsi utamanya.

Beberapa keunggulan livestrom adalah anda dapat melihat segmentasi dari audience seminar, mengenkripsi data, dan masih banyak lagi. Untuk mengadakan seminar menggunakan Livestorm, anda harus membeli paket paket yang sudah tersedia didalamnya.

Itu dia berbagai aplikasi seminar online yang bisa Anda gunakan. Semuanya bisa dipakai gratis namun terdapat syarat dan ketentuan masing-masing. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda. Jika Anda tertarik untuk membeli paket seminar kit, kunjungi aleta.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.