Beginilah Cara Praktis Untuk Mengikuti Seminar Online

Seminar online adalah salah satu kegiatan yang paling sering dilakukan di masa pandemi. Kegiatan ini adalah alternatif dari seminar yang biasa dilakukan secara langsung di gedung atau suatu tempat tertentu lengkap dengan seminar kit kulit sebagai souvenir peserta. Lantas bagaimana petunjuk untuk melaksanakan aktivitas yang satu ini?

Bagi sebagian orang, pertemuan online mungkin adalah kegiatan yang tidak pernah dilakukannya. Terutama generasi yang berusia tua dan masih belum maklum dalam penggunaan gadget. Untuk lebih mengetahui bagaimana pelaksanaan seminar online, berikut berbagai informasinya.

Seputar Webinar

Ilustrasi Gadget Seminar Online, sumber
Ilustrasi Gadget Seminar Online, sumber : Circo

Webinar adalah sebutan untuk kegiatan seminar online. Jadi seminar yang dilakukan secara online melalui aplikasi video call disebut webinar. Nah, aktivitas seminar memang biasanya dibutuhkan bagi sebagian orang. Salah satunya orang-orang yang mau melengkapi curiculum vitae-nya dengan berbagai sertifikat keahlian. Nah, webinar menjadi alternatif untuk mendapatkan sertifikat semacam ini di masa pandemi.

Melalui webinar, baik peserta maupun para pihak yang menyelenggarakannya akan mendapatkan berbagai manfaat. Bahkan webinar terbilang lebih praktis karena bisa dilakukan jarak jauh. Nah, bagaimana sebenarnya manfaat dari webinar?

1. Media Promosi Berkualitas

Seminar-seminar yang diadakan oleh pebisnis sebenarnya memiliki tujuan untuk memberikan promosi. Namun cara memberikan promosi semacam ini dinilai lebih berkualitas karena forum seminar sifatnya edukatif. Nah, didukung dengan teknologi webinar online, promosi yang dilakukan secara tidak langsung adalah promosi melalui media digital yang saat ini sedang ramai.

2. Menunjukkan Kemampuan Brand Pebisnis

Diabandingkan melaksanakan forum offline, webinar online menunjukkan kemampuan pebisnis memanfaatkan teknologi digital yang lebih modern. Saat ini dunia marketing merambah ke teknologi digital dan terdapat berbagai media digital yang mendukung hal ini. Bisa melakukan promosi melalui webinar menunjukkan bahwa pebisnis lebih cakap dalam meningkatkan kemampuannya berdasarkan teknologi terkini.

3. Memudahkan Mendapatkan Lead dan Interaksi

Penyampaian informasi secara langsung melalui seminar offline sebenarnya menunjukkan interaksi yang lebih nyata antara peserta dan pebisnis. Namun, dengan semakin berkembangnya media penyampaian informasi dengan berbagai platform digital, penyampaian informasi ini dapat dilakukan lebih mudah lagi serta memiliki jangkauan yang lebih luas dan lebih banyak. Begitu juga, interaksi yang ada juga lebih intens dibandingkan dengan forum langsung secara offline.

Webinar, sumber Candid.Technology
Seminar Online, sumber Candid.Technology

4. Memudahkan Promosi

Bagi para pebisnis, webinar yang dapat dilakukan secara online merupakan cara yang lebih praktis dibandingkan promosi lainnya yang konvensional. Bahkan jika dapat dilakukan dengan baik, webinar bisa menjadi alternative promosi yang dapat menghemat waktu dan biaya.

5. Memudahkan Peserta

Webinar dapat mendeliver berbagai informasi kepada peserta secara langsung. Sedangkan seminar, peserta perlu “jemput bola” untuk mendapatkan informasi. Hal ini bisa menjadi sisi positif bagi peserta yaitu kemudahan bagi peserta untuk mendapatkan informasi.

Pelaksanaan Seminar Online

Bagi Anda yang masih baru untuk mengikuti seminar online, perlu diketahui beberapa hal seputar pelaksanaan seminar online. Karena perbedaannya bisa jadi lebih dari sekedar antara apakah bertemu langsung atau tidak. Nah, berikut informasinya untuk Anda.

1. Menggunakan Aplikasi Pertemuan Online

Pertama adalah Anda perlu mengenal aplikasi pertemuan online. Beberapa yang dikenal sering digunakan saat seminar online adalah Zoom, Google Meet, Jitsi dan yang sejenisnya. Sebelum mengikuti pertemuannya, ketahuilah fitur-fitur yang ada pada aplikasi sehingga Anda dapat mengikuti webinar dengan efektif.

2. Dihadiri Banyak Peserta

Jika seminar pertemuan langsung saja dapat dilakukan dengan banyak peserta, seminar online atau webinar juga dimungkinkan untuk diikuti banyak peserta. Bahkan lebih menarik lagi, beberapa webinar di Indonesia mengundang pembicara yang sedang menempuh pendidikan di Eropa misalnya. Jadi, selain banyak peserta, webinar juga memungkinkan dihadiri siapa saja yang berada lintas negara.

3. Format Seminar Online

Dalam webinar, biasa juga terdapat moderator atau presenter, pemateri atau pembicara dan peserta. Uniknya moderator dapat memegang kendali mic atau pembicaraan melalui aplikasi secara langsung. Sehingga terlihat lebih praktis dan lebih canggih. Untuk format pelaksanaannya masih relatif sama dengan penyampaian materi dan tanya jawab.

4. Sajian Materi Secara Digital

Dalam pelaksanaan seminar biasa, dapat dilakukan peragaan secara langsung apabila diperlukan. Namun untuk webinar, tidak banyak aksi langsung yang dapat diperagakan melainkan hanya sebatas penyampaian materi secara digital saja.

5. Interaksi Terbatas

Sedikit kekurangan mungkin, jika bisa disebut demikian adalah masalah interaksinya. Interaksi online memang lebih terbatas dibandingkan dengan interaksi langsung. Biasanya melalui forum seminar peserta bisa langsung berinteraksi untuk menjalin koneksi lebih dekat, sedangkan melalui forum online aktivitas seperti ini mungkin lebih sulit dilakukan.

Jenis Webinar

Seminar Kit Id Card Kulit, sumber Aleta Leather
Seminar Kit Id Card Kulit, sumber Aleta Leather

Webinar untuk pebisnis berbeda dengan webinar yang murni untuk edukasi. Webinar untuk pebisnis biasanya tetap bersifat edukatif namun harus memberikan feedback yang positif bagi penyelenggara. Nah, jenis webinar yang biasa diadakan oleh pebisnis juga ada beberapa. Berikut ulasan yang dikutip dari entrepreneur.com.

The Lead-Generation or Sales Webinar

Ini adalah jenis webinar yang sering dipakai oleh para pemasar untuk meningkatkan jumlah leads. Jenis webinar ini biasanya hanya meminta peserta untuk mendaftarkan data diri dan email di website. Sebagai gantinya, panitia akan memberikan akses ke webinar serta materi atau modul yang nantinya akan dibutuhkan saat seminar berlangsung.

Apa pun isi webinarnya, pastikan agar bermanfaat, menarik, dan menimbulkan keinginan audiens untuk membeli produk. Anda juga bisa mengenalkan produk dan beri potongan harga ke audiens yang menonton webinar sebagai bonusnya. Hal ini dapat meningkatkan potensi penambahan leads.
Melalui strategi ini, Anda tak perlu bingung-bingung harus memaksimalkan upaya promosi ke mana. Sebab, orang-orang yang menonton webinar adalah calon pelanggan potensial. Ibaratnya, Anda tinggal menyentil mereka agar menjadi pelanggan Anda.

The One-Off For-Profit Webinar

Jenis webinar satu ini tidak dipakai untuk mempromosikan produk. Namun webinar ini sendiri merupakan produk yang ditawarkan kepada para konsumen. Jika para konsumen tertarik, maka konsumen perlu membayar dan akan mendapatkan berbagai hal terkait seminar seperti akses dan yang sejenisnya.

The Multi-Module Webinar or Webinar Series

Jenis webinar yang satu ini bisa disebut sebagai tipe webinar dengan topik paling mendalam. Mengingat webinar ini dibagi menjadi lebih dari satu series, topik yang dipilih tentunya dapat dijelaskan secara komprehensif. Selain itu, para peserta juga mendapat kesempatan lebih banyak jika ingin mengajukan pertanyaan dan pertanyaan yang mungkin bisa menjadi topik pada seri webinar selanjutnya.

Forum webinar series ini disajikan dan mampu menarik minat peserta untuk melanjutkan ke series berikutnya. Alasan membuatnya menjadi beberapa bagian bisa saja karena topik yang dibahas memang tidak efektif jika hanya dibahas tuntas dalam satu kali pertemuan. Bisa juga karena memang materi topik yang banyak.

Nah, itu dia beragam informasi seputar seminar online yang bisa memberikan pengetahui lebih dalam tentang forum yang satu ini. Simak berbagai ulasan menarik lainnya di halaman aleta.id, produsen seminar kit kulit berkualitas. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.