Keterima Kerja? Simak Tips Hari Pertama Yuk!

Selamat untuk anda yang keterima kerja, akhirnya setelah menempuh proses yang cukup panjang dan melelahkan anda lolos juga. Untuk itu diperlukan beberapa tips yang bisa anda ikuti pada saat hari pertama masuk kerja. Agar hari pertama anda dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan apa yang diharapkan.

Tahukah anda bahwa kesan pertama yang anda tunjukkan pada hari pertama kerja, dapat membentuk reputasi serta persepsi jangka panjang di tempat kerja loh. Hal yang wajar terjadi apabila anda mengalami gugup atau grogi, namun usahakan anda tetap memiliki rasa percaya diri.

Percaya diri memang penting, tetapi jangan berlebihan dalam menunjukkannya ya karena akan berdampak pada kesan pertama dimata rekan kerja anda. Walaupun seperti itu anda tidak perlu takut, yakinkan diri bahwa anda bisa melewati hari pertama dengan lancar dan menyenangkan.

Hari pertama kerja, Sumber : magazine.job-like.com
Hari pertama kerja, Sumber : magazine.job-like.com

Tips Menghadapi Hari Pertama

Di setiap perusahaan sudah pasti memiliki latar belakang karyawan yang berbeda-beda, oleh sebab itu disarankan untuk anda berhati-hati dalam bersikap ya. Berikan kesan pertama yang baik kepada atasan maupun rekan di kantor. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat anda lakukan pada hari pertama kerja.

1. Persiapkan Outfit

Sehari sebelum kerja, persiapkanlah pakaian yang akan anda kenakan pada saat bekerja. Pilihlah pakaian yang sopan dan bersifat formal untuk hari pertama ini. Usahakan memilih warna pakaian yang soft dan tidak mencolok, tujuannya untuk meningkatkan rasa kepercayaan diri anda.

Selain itu pakaian anda juga harus nyaman saat dikenakan, sehingga anda dapat dengan leluasa bergerak bebas saat di kantor. Tujuaan mempersiapkan outfit sehari sebelumnya supaya ke esokan harinya anda tidak terburu-buru, yang pada akhirnya akan membuat anda semakin gugup.

Persiapkan baju formal, Sumber : gizmologi.id
Persiapkan baju formal, Sumber : gizmologi.id

2. Persiapkan Perlengkapan Kantor

Walaupun terkadang di kantor sudah ada beberapa peralatan yang tersedia, namun lebih baiknya anda berjaga-jaga untuk membawanya. Siapkan beberapa pulpen, buku catatan kecil, hingga id card untuk anda bawa ke kantor. Anda dapat mempersiapkannya sebelum hari anda masuk kerja.

Anda bisa menggunakan id card kulit yang sedang populer di kalangan masyarakat. Id card ini akan menunjang penampilan anda saat pertama kali masuk kerja. Biasanya id card ini juga bisa digunakan sebagai paket seminar kit. Id card kulit yang cantik ini bisa anda beli di Aleta dengan harga yang murah dan terjangkau.

Id card, Sumber : Aleta Leather
Id card, Sumber : Aleta Leather

3. Usahakan Datang Lebih Awal

Untuk pertama kalinya usahakan anda datang ke kantor lebih awal, minimal tepat waktu dan hindari dari datang terlambat. Anda bisa bangun lebih pagi dan melakukan berbagai persiapan, sehingga anda bisa sampai di kantor lebih awal dan tidak meninggalkan kesan buruk di hari pertama.

Sebagai karyawan baru, tentu saja ada berbagai persiapan yang dilakukan sebelum memulai kerja. Mulai dari mencari ruangan, menata meja tempat anda bekerja, hingga mengamati lokasi sekitar yang ada di perusahaan anda kerja.

Ilustrasi datang lebih awal, Sumber : manado.tribunnews.com
Ilustrasi datang lebih awal, Sumber : manado.tribunnews.com

4. Tidak Malu Bertanya

Sudah sewajarnya anda belum terlalu menguasai kerjaan, karena masih tergolong karyawan baru. Oleh sebab itu anda perlu bertanya kepada rekan kerja mengenai permasalahan yang anda hadapi. Jangan malu untuk bertanya terhadap sesuatu yang belum anda ketahui saat pertama kerja.

Biasanya ada 1 orang yang dipersiapkan oleh perusahaan untuk membimbing anda selama beberapa waktu. Tanyakan saja hal-hal yang belum anda ketahui mengenai pekerjaan tersebut, hal ini juga akan memberikan kesan bahwa anda memiliki semangat kerja yang tinggi.

Ilustrasi bertanya, Sumber : kompasiana.com
Ilustrasi bertanya, Sumber : kompasiana.com

5. Perkenalkan Diri

Hal yang tidak boleh dilewatkan saat pertama kali masuk kerja adalah memperkenalkan diri kepada rekan kerja anda. Biasanya anda akan memperkenalkan diri kepada rekan-rekan yang berada di 1 divisi dengan anda. Berikan kesan yang menyenangkan saat anda memperkenalkan diri.

Setelah memperkenalkan diri, lakukanlah perkenalan secara pribadi dengan rekan anda. Jangan malu untuk mengajak kenalan serta menyapanya duluan apabila bertemu di tempat lain. Hal tersebut secara otomatis menunjukan bahwa anda merupakan orang yang ramah.

Memperkenalkan diri, Sumber : kompas.com
Memperkenalkan diri, Sumber : kompas.com

6. Fokus Bekerja

Tidak dipungkiri bahwa di kantor pasti ada beberapa karyawan yang asik bergosip saat jam kantor masih berlangsung. Oleh sebab itu, hindarilah ikut nimbrung bergosip dengan yang karyawan lainnya. Karena dapat membuat kesan pertama anda di kantor menjadi kurang baik.

Anda dianggap tidak bisa bekerja fokus di hari pertama kerja. Apabila anda mendengar berita-berita yang ada di lingkungan kantor, sebaiknya informasi tersebut anda jadikan rahasia dan disimpan dalam benak saja. Sikap itu akan menunjukkan bahwa anda seseorang yang profesional dalam bekerja.

Fokus bekerja, Sumber : hemaviton.com
Fokus bekerja, Sumber : hemaviton.com

7. Mencatat Hal-hal Penting

Tentu saja anda akan menemukan hal-hal yang baru serta tugas-tugas baru dari pekerjaan anda ini. Untuk memudahkan anda mengingat apa saja hal tersebut, maka anda perlu mencatat point-point penting di buku catatan yang sudah anda persiapkan sebelumnya.

Mencatat hal-hal penting, Sumber : wirahadie.com
Mencatat hal-hal penting, Sumber : wirahadie.com

8. Tinggal di Kantor Lebih Lama

Saat pertama masuk kerja, sudah seharusnya anda datang tepat waktu dan menghindari keterlambatan. Namun untuk jam pulang, walaupun sudah ditentukan oleh kantor tetapi akan lebih baik apabila anda menunda kepulangan anda atau paling tidak keluar bersama karyawan yang lain.

Anda bisa memanfaatkan waktu luang ini untuk mengakrabkan diri dengan rekan kerja anda yang lain, agar lebih mengenal satu dengan yang lainnya. Bisa juga anda memanfaatkannya untuk mengenal atasan di divisi anda agar terjalin komunikasi yang lebih baik.

Tinggal di kantor lebih lama, Sumber : inspirasinews.id
Tinggal di kantor lebih lama, Sumber : inspirasinews.id

9. Hindari Sering Cuti

Hindarilah mengambil cuti pada saat awal-awal bekerja karena alasan yang tidak terlalu penting, misalnya saja liburan atau menghadiri pernikahan teman. Jika di awal kerja sudah sering ambil cuti bahkan tidak masuk kerja tanpa memberikan kabar, maka anda telah memberikan kesan yang buruk kepada perusahaan.

Apabila anda tertarik dengan tas kulit atau produk kulit berkualitas lainnya yang ditawarkan Aleta, maka anda dapat menghubungi kontak yang ada di laman website kami. Untuk mendapatkan informasi lebih detailnya, Aleta siap melayani anda dengan sepenuh hati.

Hindari sering cuti, Sumber : padangkita.com
Hindari sering cuti, Sumber : padangkita.com

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai tips hari pertama kerja. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk memberikan kesan yang baik kepada perusahaan di hari pertama anda bekerja ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.