Tugas Moderator Seminar, Sebenarnya Apa sih?

Jika Anda datang ke acara seminar atau acara diskusi lainnya, pasti Anda menjumpai seorang moderator dalam sesi diskusi tersebut. Lalu sebenarnya apa sih tugas dari seorang moderator seminar itu? Sebelum mengenal tugas-tugasnya, lebih baik Anda memahami terlebih dahulu pengertian dari moderator.

Pengertian moderator adalah orang yang menjadi penengah atau pemandu dalam sebuah acara diskusi, seperti rapat, seminar, dan yang lainnya. Meskipun menjadi pemandu di sebuah acara, moderator ini tidak sama atau berbeda dengan MC (Master of Ceremony) ya.

Terkadang masih banyak orang yang beranggapan bahwa moderator dan MC merupakan dua istilah yang sama. Namun pada kenyataannya kedua istilah tersebut berbeda. Jangan khawatir, nanti kita juga akan membahas mengenai perbedaan dari MC dan moderator ini.

Tugas moderator seminar, Sumber: suryasuwarna.blogspot.com
Tugas moderator seminar, Sumber: suryasuwarna.blogspot.com

Dalam acara seminar, moderator dan narasumber termasuk ke dalam sebuah kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Jadi jika Anda menggelar acara seminar, tentu saja harus ada narasumber/pembicara dan juga moderator sebagai penengah atau pemandu saat sesi pemaparan materi dari narasumber.

Sehingga tidak jarang panitia penyelenggara seminar juga mempersiapkan paket seminar kit atau cenderamata kepada moderator dan narasumber. Jadi tidak hanya peserta yang hadir saja yang mendapatkan seminar kit, namun tamu undangan juga akan mendapatkan seminar kit tersebut.

Perbedaan MC dan Moderator

Sebelum masuk ke pembahasan mengenai tugas dari seorang moderator seminar, Anda terlebih dulu akan diajak memahami perbedaan MC dan moderator. Karena bisa jadi Anda masih bingung dengan kedua istilah tersebut, berikut perbedaan dari MC dan moderator.

Jangkauan Acara

Maksud dari jangkauan acara ini ialah seluruh rundown yang ada dalam sebuah acara. Jika di acara seminar, tentu saja acaranya tidak hanya berdiskusi dengan narasumber saja. Namun ada sambutan-sambutan, hingga hiburan. Jadi di dalam acara seminar terdapat MC dan juga moderator.

Jadi MC ini bertanggung jawab secara keseluruhan acara, dari mulainya acara hingga selesainya acara tersebut. Rangkaian acara ini telah dipersiapkan oleh panitia yang bersangkutan. Sedangkan moderator hanya bertanggung jawab pada salah satu sesi saja yakni sesi diskusi.

Ketika sesi diskusi (pemaparan materi hingga tanya jawab) dimulai, MC akan memberikan wewenang penuh kepada moderator untuk menjadi pemandunya. Lalu ketika sesi diskusi telah usai, moderator akan mengembalikan tanggung jawab acara selanjutnya kepada MC.

Baca juga: Informasi Seputar Definisi Workshop yang Menarik Untuk Diketahui

Jangkauan Komunikasi

Untuk jangkauan komunikasi, MC menjangkau seluruh hadirin yang hadir dalam acara tersebut. MC menjaga fokus hadirin tertuju penuh pada rangkaian acara mulai dari awal hingga akhir acara.

Sedangkan untuk moderator, ia cenderung akan lebih fokus kepada narasumber saat sesi diskusi sedang berlangsung. Namun sesekali apabila hadirin mulai tidak kondusif, moderator akan memberikan kode kepada hadirin untuk fokus kembali ke sesi diskusi tersebut.

Tugas Moderator dalam Seminar

Setelah mengetahui perbedaan dari MC dan moderator, diharapkan Anda tidak bingung dan salah lagi mengartikan kedua istilah tersebut ya. Selanjutnya kita akan membahas mengenai tugas seorang moderator untuk berbagai jenis seminar, berikut penjelasannya.

Penanggung Jawab dalam Sesi Diskusi

Seorang moderator bertugas menjadi penanggung jawab dalam sesi diskusi saat acara seminar berlangsung. Setelah sesi diskusi dimulai, MC akan memberikan wewenang penuh mengenai jalannya diskusi kepada moderator. Moderator akan mengawasi jalannya sesi diskusi agar lancar hingga sesi berakhir.

Keprofesionalitasan seorang moderator sangat diperlukan untuk mengurus sesi diskusi agar berjalan dengan lancar. Serta memastikan bahwa pembicara/narasumber nyaman dengan kondisi saat diskusi dimulai.

Mengingatkan Waktu kepada Narasumber

Ketika asik berdiskusi kadang kala narasumber tidak mengingat waktu, tugas dari seorang moderator di sini adalah mengingatkan waktu kepada narasumber. Hal tersebut bertujuan agar waktu yang disediakan dapat sesuai dengan rangkaian acara yang telah dibuat oleh panitia.

Moderator di berbagai jenis seminar, Sumber: beritalima.com
Moderator di berbagai jenis seminar, Sumber: beritalima.com

Sebagai Penghubung Peserta dengan Narasumber

Pada saat diskusi, pastinya akan ada sesi tanya jawab setelah pembicara memaparkan materi. Moderatorlah yang akan menjadi penghubung peserta untuk menanyakan pertanyaan kepada pembicara. Nantinya moderator akan mempersilahkan beberapa peserta untuk bertanya kepada narasumber.

Memastikan Suasana Kondusif

Tidak jarang peserta yang hadir membuat kebisingan pada saat narasumber sedang memaparkan materi. Tugas dari moderator seminar ialah untuk memperingatkan peserta agar menjaga ketenangan. Supaya sesi diskusi dapat berjalan lancar, kondisi ruang juga harus kondusif.

Merespon Pembicara

Untuk menghargai pembicara yang sedang memaparkan materinya, moderator bisa merespon pembicara dengan senyuman selama sesi diskusi berlangsung. Selain itu moderator juga bisa meresponnya dengan anggukan, hal tersebut juga menunjukkan bahwa moderator tersebut profesional.

Memastikan Arah Pembicaraan Sesuai

Fungsi moderator dalam seminar juga harus memastikan bahwa arah pembicaraan sesuai dengan tema yang semestinya. Jadi pada saat diskusi, moderator tidak boleh kehilangan fokusnya untuk menganalisa topik pembicaraan yang sedang dibahas.

Begitu juga saat sesi tanya jawab, ketika pertanyaan serta jawabannya melenceng jauh dari topik pembahasan maka moderator bertugas untuk mengarahkan kembali peserta dan pembicara sesuai topik. Sehingga pembahasannya tetap relevan dengan topik yang sudah ditentukan.

Baca juga: Virtual Event yang Pernah Diadakan Di Indonesia Selama Pandemi

Mencairkan Suasana 

Seorang moderator juga bertugas untuk mencairkan suasana, sehingga suasana tidak kaku dan tegang. Moderatr haruslah memiliki ketrampilan “khusus” untuk membuat suasana menjadi hangat, sehingga peserta dan pembicara nyaman dalam sesi diskusi ini.

Memberikan Kesimpulan

Tugas dari seorang moderator diakhir sesi diskusi juga akan memberikan kesimpulan dari materi hingga tanya jawab yang dilakukan peserta dan pembicara. Jadi moderator juga harus memiliki fokus yang baik, agar bisa menyampaikan kesimpulan akhir yang relevan.

Pembicara di acara seminar, Sumber: pasca.uns.ac.id
Pembicara di acara seminar, Sumber: pasca.uns.ac.id

Itulah tadi informasi mengenai tugas dari moderator seminar beserta perbedaan antara MC dengan moderator yang telah kami sampaikan. Jika Anda sedang mencari seminar kit murah, maka bisa segera menghubungi Aleta Leather untuk melakukan pemesanan.

Bukan hanya paket seminar kit murah saja yang disediakan Aleta Leater, namun kami juga menyediakan berbagai kebutuhan yang terbuat dari bahan kulit asli. Mulai dari dompet kulit, tas kulit, hingga berbagai produk kulit lainnya. Anda juga bisa melakukan pemesanan secara custom sesuai selera Anda kepada kami.

Untuk mendapatkan Informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi Aleta Leather ke kontak yang telah tersedia di laman website. Terima kasih telah berkenan menyimak informasi di atas, semoga bermanfaat. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.