Virtual Event yang Pernah Diadakan Di Indonesia Selama Pandemi

Baru-baru ini, kita mungkin mendengar istilah-istilah yang baru ramai karena keberadaan pandemi. Misalnya vitual event Indonesia, virtual exhibition, virtual expo dan berbagai kegiatan lainnya yang berbau virtual. Nah, sebenarnya apa maksud dari kata virtual ini?

Pandemi memang membuat kebiasaan yang baru salah satunya adalah berbagai kegiatan yang dilangsungkan dari jarak jauh. Bahkan karena itu, sebagian orang mengharuskan dirinya untuk mempelajari teknologi yang bisa mengakomodir kegiatan dari jarak yang jauh ini seperti saat melakukan virtual event.

Definisi Virtual Event

Mungkin Anda termasuk salah seorang yang mengikuti berbagai virtual event Indonesia yang diadakan akhir-akhir ini. Meskipun pandemi, sebagian orang tetap berupaya untuk melakukan kegiatan interaktif namun melalui platform online. Inilah yang nantinya disebut dengan dunia virtual.

Bisa dikatakan dunia virtual memang bukan dunia nyata. Namun, di dunia virtual ini memungkinkan siapa saja untuk berinteraksi secara nyata. Nah, berbagai pihak seperti pebisnis yang terbiasa melakukan berbagai kegiatan secara massal terdorong untuk memanfaatkan dunia virtual di tengah pandemi agar usahanya tetap berlangsung.

Karena memang pandemi memaksa kita untuk melangsungkan kegiatan langsung namun dari jarak yang jauh, mulai dari kegiatan belajar mengajar, berjualan bahkan sampai acara pernikahan sekalipun. Karena itu, dikenal berbagai istilah kegiatan secara virtual (virtual event) seperti kuliah virtual, seminar virtual, pameran virtual dan lainnya.

Virtual Room, sumber Medium
Virtual Room, sumber Medium

Kegiatan virtual ini memiliki kelebihan dan kekurang tersendiri. Namun sejauh ini kegiatan ini masih dipandang efektif agar tetap aman selama pandemi. Nah, berikut ini beberapa kelebihan dari kegiatan virtual ini :

1. Mengurangi Pembiayaan Sarana

Saat mengadakan suatu kegiatan massal dan besar, tentu saja sarana yang dibutuhkan tidak sedikit. Salah satunya adalah tempat seperti gedung acara. Nah, virtual event tidak membutuhkan gedung acara ini yang seringkali menjadi anggaran pembiayaan paling besar dalam sebuah event.

2. Memberikan Pengalaman Baru

Virtual event Indonesia membuat partisipan mulai dari pelaksana hingga peserta harus mampu menguasai teknologi yang dibutuhkan. Namun hal ini dapat menjadi sebuah pengalaman baru yang menarik karena dapat merasakan sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelumnya serta kemudahaan karena teknologi memang bertujuan untuk itu.

3. Menjangkau Wilayah yang Lebih Luas

Karena virtual event membutuhkan aplikasi pertemuan online, tentu saja jangkauan acara yang dibuat bisa meluas hingga ke luar negeri. Meskipun virtual event Indonesia, namun panitia dapat mengundang pembicara dari berbagai negara di luar Indonesia termasuk peserta dari luar Indonesia.

4. Lebih Praktis dan Cepat

Persiapan dalam virtual event cenderung lebih mudah dan tidak melibatkan tenaga fisik yang besar. Karena itu, persiapan dan pelaksanaan virtual event dapat lebih praktis dan cepat. Hal ini bisa menjadi suatu kelebihan tersendiri.

Zoom, sumber Zoom BLog
Zoom, sumber Zoom Blog

Virtual Event Indonesia

Tidak hanya di luar negeri saja, Indonesia juga mengadakan virtual event skala nasional bahkan internasional. Lantas, virtual event Indonesia apa saja yang pernah dilaksanakan selama pandemi? Berikut beberapa diantaranya.

1. Pernikahan

Untuk yang akan menikah di tengah pandemi, tentu hanya dapat mengundang sedikit orang. Namun berbagai EO mulai mengemas ide virtual event untuk pernikahan lebih menarik. Banyak fasilitas ditawarkan mulai dari online wedding invitation, live streaming youtube atau zoom dengan fitur 360. Smarteye menawarkan jasa virtual tour 360 dimana tamu undangan lebih leluasa melihat sudut lokasi pernikahan lebih lebar (wide).

2. Wisuda

Wisuda termasuk salah satu event yang sulit diadakan di tengah pandemi. Sejak tahun kemarin di masa pandemi, kebijakan kampus banyak berubah. Ada yang melaksanakan wisuda online, ada pula yang tidak melaksanakan wisuda sama sekali. Bagi kampus yang melaksanakan wisuda online, tentu akan membutuhkan virtual platform dan organizer.

3. Webinar

Tentunya yang tidak boleh dihilangkan dalam ide virtual event selanjutnya adalah acara webinar. Webinar merupakan sejenis acara seperti presentasi, ceramah atau workshop yang berlangsung secara online. Biasanya acara ini disiarkan secara langsung atau direkam. Untuk mengikuti acara ini, peserta hanya perlu mendaftar saja ke event tersebut untuk mendapatkan akses berdasarkan jadwal yang disepakati.

4. Konser Musik

Ilustrasi Interaksi Dunia Virtual, sumber Medium
Ilustrasi Interaksi Dunia Virtual, sumber Medium

Tahukah kamu bahwa hampir 10 juta orang menyaksikan konser virtual yang diselenggarakan oleh Marshmello di dalam games Fortnite pada Februari 2019 lalu. Acara ini diprediksi menjadi acara dalam games terbesar yang pernah ada di dunia. Bahkan bila jumlah penonton dari platform lain digabungkan, seperti Twitch dan YouTube jumlahnya akan menjadi lebih besar lagi.

5. Pameran

Pameran juga tidak kalah dalam pelaksanaan virtual event Indonesia. Hal ini dapat diketahui dari virtual exhibition yang pernah dilakukan di Indonesia selama pandemi berlangsung. Menariknya, para pelaksana kegiatan membuat virtual room pameran yang memberikan pengalaman unik tersendiri.

Dari berbagai virtual event yang mungkin diadakan tadi, tentu mash terdapat kemungkinan kendala yang terjadi. Seperti kekuatan sinyal internet dari masing-masing tempat. Coba saja dibayangkan, peserta virtual event yang tidak menyaksikan performance apapun saat internet sedang terkendala. Menjadi aneh dan bingung sendiri kan? Namun hal ini juga bisa menjadi salah satu pengalaman yang menarik juga.

Bagi Anda yang sering mengadakan kegiatan massal atau event dan membutuhkan seminar kit, Aleta.id merupakan salah satu produsennya. Aleta menyediakan paket seminar kulit yang mungkin masih jarang didapatkan di berbagai forum seminar yang pernah diadakan. Apakah Anda tertarik untuk melihat produknya? Kunjungi halaman website Aleta.id dan lihat berbagai pilihan yang tersedia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.