Tips Untuk Mengatasi Demam Panggung

Perasaan cemas pada saat akan tampil di atas panggung atau lebih dikenal dengan demam panggung, sering kali menghinggapi semua kalangan. Bagi pemula maupun orang yang sudah profesionalpun tidak dipungkiri kerap merasakan demam panggung. Biasanya gejala dari demam panggung ditandai dengan perasaan khawatir yang berlebihan, jantung deg-degan, hingga seluruh badan gemetar. Oleh sebab itu saat anda akan tampil di depan khalayak ramai, penting untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi demam panggung.

Biasanya anda akan mengalami demam panggung pada saat akan menyampaikan pidato, menjadi pembawa acara, menampilkan bakat (menyanyi, menari, dll), menjadi pembicara seminar, bahkan menyampaikan presentasi di kelas atau kantor. Demam panggung dapat menyerang siapa saja dan dimana saja, tidak hanya lingkup besar dengan audiens orang yang tidak dikenal tetapi juga lingkup kecil dengan audiens orang yang anda kenal.

Perasaan gugup merupakan respons alami yang dari dalam diri terhadap sesuatu peristiwa ataupun kegiatan yang baru maupun situasi yang berada di luar zona nyaman seseorang. Perasaan tersebut hanya bersifat sementara dan akan hilang dengan sendirinya setelah stres berlalu. Namun terkadang ada juga rasa cemas yang memerlukan penanganan medis untuk mengatasinya. Tidak semua orang bisa mengatasi rasa cemas dengan sendirinya, jika dirasa anda tidak dapat mengatasi rasa tersebut sendiri maka anda butuh penanganan medis lebih lanjut.

Ilustrasi demam panggung, Sumber : kompas.com
Ilustrasi demam panggung, Sumber : kompas.com

Tips Mengatasi Rasa Cemas Atau Demam Panggung

Di bawah ini telah tim Aleta rangkumkan untuk anda bagaimana cara untuk mengatasi demam panggung, apabila menyerang anda pada saat anda akan tampil di depan umum. Pastikan anda mengikuti tips berikut agar acara anda dapat dilalui dengan lancar dan anda dapat segera mengatasi rasa cemas tersebut.

1. Persiapkan Point-point Penting Yang Akan Disampaikan

Persiapkan point-point penting dari topik yang ingin anda sampaikan kepada audien menggunakan buku atau kertas kecil. Sehingga pada saat anda merasa kehilangan fokus, anda dapat melihat kembali point apa yang perlu anda sampaikan agar tetap fokus. Strategi tersebut ampuh untuk mengatasi grogi atau rasa cemas yang anda rasakan, walaupun terserang demam panggung namun anda tetap dapat menyampaikan topik pada jalur yang sesuai.

Hindarilah terpaku pada naskah, dan hanya membacanya secara runtut. Tindakan tersebutlah yang membuat audiens merasa bosan dan tidak tertarik dengan apa yang anda sampaikan. Hal itu hanya akan membuat anda merasa lebih cemas dan kehilangan fokus, karena melihat audiens bosan.

Ilustrasi mencatat point penting, Sumber : matamaduranews.com
Ilustrasi mencatat point penting, Sumber : matamaduranews.com

2. Memupuk Rasa Percaya Diri

Ketika anda akan mempersiapkan sebuah penampilan maupun saat akan tampil di khalayak ramai, perasaan pesimis dan takut akan gagal saat tampil sering kali muncul. Hal itulah yang membuat rasa cemas anda semakin besar, dan kadang-kadang sulit untuk dikendalikan. Untuk mengatasi masalah tersebut, ada hal yang perlu anda lakukan, yaitu dengan memupukkan rasa percaya pada diri sendiri. Anda perlu meyakinkan diri bahwa anda bisa melewati itu semua dengan lancar dan dapat tampil dengan memuaskan.

Rasa percaya diri diperlukan dalam mengatasi demam panggung. Karena banyak diantara orang yang terserang demam panggung diakibatkan oleh kurangnya rasa percaya diri. Dengan adanya rasa percaya diri, anda lebih siap untuk menghadapi segala hal yang akan terjadi pada saat tampil di depan umum.

Ilustrasi memupuk rasa percaya diri, Sumber : sehatq.com
Ilustrasi memupuk rasa percaya diri, Sumber : sehatq.com

3. Lakukan Persiapan Matang

Melakukan persiapan yang matang sebelum tampil di depan umum merupakan hal yang sangat penting dilakukan untuk mengurangi rasa gugup dan cemas. Anda diwajibkan untuk menguasai semua materi atau topik pembahasan yang akan disampaikan. Lakukanlah persiapan tersebut jauh-jauh hari sebelum anda tampil, tujuannya supaya anda lebih menguasai materi secara matang sehingga tidak perlu lagi panik di hari penampilan.

Hindari mengulang-ulang materi pada saat anda akan tampil di atas panggung, hal tersebut hanya akan membawa perasaan cemas yang berlebihan. Pastikan anda merasa tenang saat akan tampil, yakinkan diri bahwa anda telah menguasai semua topik pembahasan yang akan anda sampaikan.

Ilustrasi persiapan yang matang, Sumber : bervidson.com
Ilustrasi persiapan yang matang, Sumber : bervidson.com

4. Survey Lokasi Sebelum Tampil

Sebelum anda tampil disebuah acara, lebih baiknya anda mengunjungi terlebih dahulu tempat tersebut. Baik itu di ruang konferensi, kelas, auditorium, ballroom, maupun aula besar lainnya. Tujuannya agar anda lebih mengenali situasi dan kondisi akan gambaran ketika anda tampil di depan hadirin. Hal tersebut dapat membantu anda merasa  lebih siap dengan apa yang akan dihadapi.

Dengan mengenal lingkungan tempat anda tampil juga akan membuat anda merasa nyaman saat tampil, karena itu bukan pertama kalinya anda berada di tempat tersebut. Untuk mengurangi rasa cemas yang berlebihan, anda juga bisa melakukan gladi bersih secara mandiri di tempat tersebut. Lakukan latihan seolah-olah anda tampil di hadapan audien.

Ilustrasi survey lokasi, Sumber : jasadokumentasi.com
Ilustrasi survey lokasi, Sumber : jasadokumentasi.com

5. Melakukan Aktivitas Yang Membuat Pikiran Tenang

Carilah aktivitas yang dapat membuat anda rileks, misalnya saja olahraga yoga, bermeditasi, melihat tumbuhan hijau, atau mendengarkan musik klasik. Hal tersebut berguna agar otak anda dapat tenang dan rileks, sehingga siap untuk menyerap materi-materi yang anda persiapkan untuk tampil. Selain itu setiap pagi anda dapat pergi keluar rumah untuk menghirup udara segar untuk ketenangan. Ketika pikiran anda tenang, maka otomatis rasa cemas yang hinggap akan diminimalisir.

Ilustrasi menenangkan pikiran, Sumber : hipwee.com
Ilustrasi menenangkan pikiran, Sumber : hipwee.com

Itu tadi informasi yang kami sampaikan mengenai tips untuk mengatasi demam panggung. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat serta menambah wawasan anda, apabila sewaktu-waktu rasa cemas tersebut menyerang. Anda bisa mendapatkan informasi menarik seputar paket seminar kit atau informasi lainnya yang ada di laman website Aleta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.