Inilah Jenis Tas Belanja Pengganti Kantong Plastik!

Akhir-akhir ini mulai banyak ajakan untuk mengurangi penggunaan kantong plastik. Mulai dari pemerintah hingga aktivis menggalakan untuk mengurangi belanja dengan menggunakan kantong plastik. Sebagai gantinya, masyarakat dihimbau untuk menggunakan tas pengganti kantong plastik untuk belanja.

Penggunaan plastik yang tidak dapat di daur ulang ini, membuat kondisi bumi semakin memprihatinkan. Perlu anda ketahui bahwa sampah plastik memerlukan waktu yang cukup lama untuk terurai, bahkan mencapai ratusan tahun. Jika tidak mulai dari sekarang, masa depan bumi akan terancam karena plastik.

Plastik memang dinilai lebih efektif dan efisien digunakan untuk berbelanja. Namun kelemahan dari plastik yang tidak mudah terurai inilah yang dapat mengancam keselamatan bumi. Dampak penggunaan plastik ini juga akan dirasakan pada generasi selanjutnya.

Penggunaan kantong plastik, Sumber : marketeers.com
Penggunaan kantong plastik, Sumber : marketeers.com

Dampak Penggunaan Plastik

Apabila penggunaan plastik tidak dapat dihentikan, maka akan menyebabkan kerusakan lingkungan yang mengkhawatirkan. Oleh sebab itu, mulai sekarang mari kita menjaga bumi dengan menggunakan tas belanja pengganti plastik untuk membantu mengurangi kerusakan lingkungan tersebut.

1. Terganggunya Ekosistem Laut

Salah satu pencemaran lingkungan yang diakibatkan oleh penggunaan plastik terjadi di laut. Pencemaran laut akibat dari plastik merupakan permasalahan yang masih sulit untuk diatasi. Banyak sampah plastik yang terbuang ke laut, sehingga mencemari air laut.

Bukan hanya itu saja, ikan-ikan yang ada di laut banyak yang mengonsumsi sampah plastik tersebut. Mereka mengira bahwa sampah plastik itu adalah makanannya, oleh sebab itu banyak ikan-ikan yang mati karena keracunana sampah plastik.

Keadaan yang lebih memprihatinkan lagi ialah beberapa kali ikan besar yang terdampar di laut ditemukan dengan kondisi di dalam tubuhnya terdapat banyak plastik. Jadi tidak hanya ikan kecil saja, namun ikan-ikan besar juga mengira bahwa sampah tersebut merupakan makanannya.

2. Terjadinya Pencemaran Udara

Dampak penggunaan plastik tidak hanya terjadi di laut saja, namun juga terjadi di udara. Masih banyak ditemukan masyarakat membakar sampah, tetapi yang dibakar tersebut termasuk sampah plastik. Alhasil udara yang dihasilkan dari pembakaran plastik tersebut mencemari udara dan lingkungan.

Asap yang terbentuk dari pembakaran sampah plastik tersebut berdampak buruk bagi kesehatan manusia. Apabila asap tersebut bercampur dengan udara sekitar, dapat mengakibatkan pencemaran udara. Sehingga udara yang dihasilkan mengalami penurunan kualitas.

3. Mengganggu Kesehatan Manusia

Akibat pencemaran yang terjadi, manusia juga yang dirugikan. Misalnya saja asap dari pembakaran plastik seperti yang telah disampaikan tadi, dapat mengganggu kesehatan manusia karena kualitas udara yang menurun. Bukan hanya itu saja senyawa kimia yang terkandung dalam plastik juga dapat membahayakan.

Senyawa kimia yang terkandung di dalam plastik dapat dengan mudah terbawa ke dalam makanan maupun minuman yang manusia konsumsi. Selain itu juga saat mengonsumsi ikan yang ternyata sudah terkontaminasi dengan plastik, maka juga dapat membahayakan kesehatan anda.

Ilustrasi dampak penggunaan plastik, Sumber : mongabay.co.id
Ilustrasi dampak penggunaan plastik, Sumber : mongabay.co.id

Jenis Tas Belanja Pengganti Plastik

Untuk mengurangi pencemaran lingkungan yang diakibatkan oleh penggunaan plastik, maka anda bisa mulai menggunakan tas belanja yang dapat digunakan berkali-kali. Apa sajakah jenis tas belanjaan tersebut? Mari simak di bawah ini.

1. Tas Lipat

Jenis tas lipat yang satu ini juga efektif dan efisien jika digunakan loh. Biasanya bahan yang digunakan untuk pembuatan tas lipat ini dari bahan parasut. Bahan parasut merupakan bahan yang bersifat ringan, sehingga mudah dilipat dan dengan mudah dibawa kemana saja.

Tas lipat inipun juga dapat anda simpan ke dalam tas kulit cantik yang sedang anda gunakan saat jalan-jalan di mall misalnya. Selain itu tas lipat ini juga tidak akan memenuhi tempat, sehingga akan lebih praktis. Ada berbagai pilihan motif dan warna juga yang bisa dipilih sesuai kesukaan anda.

Tas belanja lipat, Sumber : bukalapak.com
Tas belanja lipat, Sumber : bukalapak.com

2. Tas Anyaman

Pasti anda sudah tidak asing lagi dengan tas anyaman yang satu ini. Yaps, tas anyaman ini sudah digunakan sejak dulu oleh sebagian masyarakat. Banyak yang tidak menggunakan tas ini dengan alasan terlihat jadul. Namun jangan salah, saat ini sudah banyak produsen yang menyulapnya dengan desain kekinian loh.

Tas anyaman, Sumber : liputan6.com
Tas anyaman, Sumber : liputan6.com

3. Tas Jaring

Tas model jaring ini bisa anda manfaatkan untuk membeli berbagai macam buah atau kebutuhan dapur lainnya. Desain yang simple dan lucu ini bisa anda kombinasikan dengan outfit anda. Sehingga walaupun anda sedang berbelanja, namun penampilan akan tetap memukau.

Tas jaring, Sumber : blibli.com
Tas jaring, Sumber : blibli.com

4. Tote Bag

Berikutnya ada tote bag, jenis tas yang satu ini sangat dekat dengan style anak muda kekinian. Model yang simple dengan berbagai pilihan warna dan corak, membuatnya menjadi pilihan banyak orang. Selain digunakan untuk tas sehari-hari, tote bag ini juga bisa anda gunakan sebagai tas belanja.

Tas belanja pengganti plastik ini bisa anda pakai berkali-kali. Anda bisa memilih beberapa tote bag untuk dijadikan sebagai cadangan, apabila tote bag yang biasa anda pakai sedang dicuci. Perawatan tote bag inipun juga cukup mudah, sehingga anda bisa menggunakannya tanpa khawatir.

Tote bag, Sumber : blogto.com

5. Tas Kaos

Nah untuk jenis tas yang satu ini bisa anda dapatkan dari daur ulang kaos. Jika anda memiliki kaos yang sudah tidak dipakai lagi bisa dimanfaatkan menjadi tas belanja. Anda tinggal mengkreasikan saja sesuai dengan keinginan anda, motif dan warnanya juga sudah ada dari kaos.

Daripada tidak terpakai dan hanya dibuang atau disimpan, lebih baik digunakan untuk tas belanja yang lucu. Sudah banyak orang-orang yang menggunakan tas kaos ini dan masih tetap keren walaupun hasil dari daur ulang.

Tas kaos, Sumber : ketahui.com
Tas kaos, Sumber : ketahui.com

6. Paper Bag

Saat ini sudah banyak toko-toko yang menggunakan paper bag sebagai wadah untuk belanjaan konsumen. Ada berbagai motif dan corak dari paper bag ini. Jenis tas ini dapat anda gunakan berkali-kali, namun perlu diingat bahwa tas ini terbuat dari kertas jadi hindari menaruh belanjaan yang berair ya.

Paper bag, Sumber : weilassoc.xyz
Paper bag, Sumber : weilassoc.xyz

Itulah beberapa jenis tas belanja yang bisa anda gunakan untuk belanja sebagai pengganti kantong plastik. Jika anda membutuhkan berbagai produk kulit yang berkualitas seperti tas kulit, dompet kulit, hingga paket seminar kit kulit, dapat menghubungi Aleta melalui kontak yang tertera di laman website kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.