Cara Mudah Membedakan Tas Kulit Imitasi dan Asli

Ada berbagai macam tas kulit yang dijual di berbagai outlet produk-produk leather di Indonesia. Biasanya perbedaan tas kulit ini dilihat dari jenis kulitnya yang merupakan hasil dari metode tanning atau penyamakan yang berbeda-beda. Namun kali ini agak unik karena merupakan produk tas kulit imitasi.

Mendengar kata imitasi, bagaimana kesan yang bisa Anda bayangkan? Apakah produk ini merupakan produk ilegal atau malah memang sengaja di produksi? Bahkan bukan hanya produk tas kulit imitasi, ada pula perhiasan imitasi, jam tangan imitasi dan lainnya. Sebagai konsumen, bagaimana kita menyikapinya?

Cara Membedakan Kulit Asli dan Imitasi

Sebagai konsumen, kita perlu memahami berbagai produk yang sering dipakai atau menjadi kebutuhan kita. Salah satunya terkait tas kulit imitasi. Mampu membedakan kualitas produk dapat memberikan manfaat bagi diri sendiri. Nah, apa saja yang perlu diperhatikan untuk membedakan kulit asli dan kulit imitasi?

1. Tekstur Kulitnya

Pertama yang perlu dilakukan adalah memperhatikan tekstur bahan dari produk. Produk kulit apa saja termasuk tas kulit, jika terbuat dari kulit asli akan memiliki ciri khas tekstur tersendiri dibandingkan dengan yang selainnya. Bagaimana ciri khas kulit yang asli?

Permukaan Bahan Kulit Imitasi, sumber : Blog Info Teknologi
Permukaan Bahan Kulit Imitasi, sumber : Blog Info Teknologi

Dari sisi tekstur, biasanya kulit asli cenderung lebih kaku. Meskipun kaku, namun bukannya tidak elastis, bahkan kulit asli lebih elastis dibandingkan produk imitasi. Hal ini sebagaimana kulit hewan aslinya yang padat namun tetap saja elastis. Sedangkan kulit imitasi kelihatan tipis dan tidak elastis.

2. Harganya

Produk tas kulit biasanya dikategorikan sebagai produk kerajinan yang khas. Sebagai produk kerajinan, tentu kita memahami bahwa harga akan berbeda dengan produk-produk biasa. Hal ini wajar oleh karena proses produksi kerajinan memang hampir didominasi oleh pekerjaan menggunakan tangan atau manual.

Lantas, jika Anda menemukan produk kulit yang harganya cenderung murah, maka mungkin saja Anda sedang melihat produk imitasi. Produk imitasi selain karena bahannya yang memang murah, proses pembuatannya juga tidak serumit membuat produk kulit hasil kerajinan. Memperhatikan perbedaan harga mungkin salah satu cara yang paling mudah untuk membedakannya.

3. Ujung Bagian Potongnya

Ujunga bagian potong pada bahan produk dapat diperhatikan sebagai cara untuk membedakan kulit asli dan kulit imitasi. Kulit imitasi apabila dipotong akan menunjukkan bagian potong yang halus. Sedangkan kulit asli bagian potongnya akan tampak kasar. Namun ini hanya bisa diperhatikan pada bekas potongan saat proses produksi. Bukan dengan cara memotongnya sendiri.

4. Coraknya

Permukaan produk kulit pasti memiliki ciri khas berupa corak. Hal ini karena saat diproses tanning, bagian permukaan ini memang menghasilkan semacam pori-pori yang tampak. Perbedaannya, pada kulit asli pori-pori ini akan tidak beraturan karena alami. Sedangkan kulit imitasi tampak bahwa pori-porinya begitu rapi karena dibuat sendiri.

5. Aromanya

Meskipun kulit hewan, namun bukan berarti baunya sama seperti bau hewan atau bangkai. Namun aroma pada produk kulit ini memang khas karena proses penyamakannya. Bahan kimia yang dipakai pada proses penyamakan memiliki bau yang khas. Jadi bau yang khas ini akan Anda temukan pada kulit asli.

Ilustrasi Finishing Leather, sumber : LeatherWallets.org
Ilustrasi Proses Finishing Leather, sumber : LeatherWallets.org

Mengapa Terdapat Kulit Imitasi?

Terkadang memang ada tujuan dari produksi kulit imitasi ini. Yaitu sebagai alternatif atau campuran bahan pembuatan suatu produk. Namun akan menjadi salah apabila menggunakan produk imitasi untuk membuat produk yang meniru persis produk lain dan memberikannya merk produk yang tidak pernah menjual barang imitasi. Meniru dan memalsukan ini yang barangkali akan berakibat negatif dan dapat dijerat hukum.

Tas Kulit Asli Aleta

Di mana Anda dapat mencari produk kulit asli? Kunjungi outlet Aleta Leather. Aleta adalah produsen berbagai produk tas kulit asli yang berada di Jogja. Apa kelebihan tas produk Aleta Leather?

1. Memiliki daya tahan yang tinggi

Memiliki daya tahan yang tinggi tidak seperti tas dari bahan-bahan lainnya. Tas kulit memiliki tingkat ketahanan yang tinggi terhadap goresan dan air sehingga Anda tidak perlu khawatir ketika tas Anda kehujanan. Jadi Anda tidak perlu khawatir bila Anda lebih banyak beraktivitas di luar ruangan.

2. Terbuat dari kulit berkualitas

Tas kulit yang terbuat dari kulit sapi, kulit buaya, kulit ular, kulit domba ataupun jenis kulit lainnya lebih kuat daripada tas lainnya. Maksudnya disini adalah tas kulit dari Aleta.id tidak mudah rusak, tidak mudah robek akibat kelebihan beban dan lain sebagainya. Bahkan Anda tidak perlu khawatir terhadap oknum jahat yang menyilet tas kulit dari Aleta.id Anda ketika berjalan-jalan karena tas kulit lebih tahan terhadap penyiletan daripada tas dari bahan sintetik.

3. Proses yang baik

Tas kulit sapi asli dari Aleta.id dibuat dengan proses penyamakan yang terbaik sehingga tas-tas Aleta.id lebih awet daripada produk lainnya yang sama. Bila dihitung dalam tahun, maka tas kulit ini awet hingga puluhan tahun dengan pemakaian dan perawatan yang tepat. Jadi, bila Anda memilih tas kulit sebagai teman Anda ketika bepergian, Anda sudah memilih tas yang tepat.

Tas Kulit Asli dari Aleta, sumber Aleta Leather
Tas Kulit Asli dari Aleta, sumber Aleta Leather

4. Lebih tebal

Walaupun tas yang terbuat dari kulit sapi lebih tebal daripada jenis kulit hewan lainnya, tas dari kulit sapi tetaplah fleksibel sehingga mudah dibentuk menjadi model atau desain tas apapun.

5. Desain terkini

Pengerajin tas kulit seperti Aleta.id selalu mengikuti perkembangan fashion sehingga desain dan juga model-model tasnya selalu menarik. Anda bisa menemukan berbagai model yang sesuai dengan selera Anda.

Itu dia beberapa cara untuk membedakan kulit atau leather asli dan kulit imitasi pada berbagai produk kulit seperti jaket, tas, sepatu dan lainnya. Cara yang paling mudah adalah bertanya langsung pada penjual tentang keaslian produk yang dijualnya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.