Definisi Seminar yang Berbeda Dengan Workshop dan Training

Sehari-hari, terdapat banyak forum pembelajaran dan pelatihan yang kita kenal dengan berbagai istilah seperti definisi seminar, workshop, training dan istilah-istilah untuk menyebutkan forum lainnya. Namun bentuk-bentuk forum ini terkadang terlihat sama sehingga tidak berbeda saat menghadirinya.

Ditambah dengan perkembangan secara tekonologi, forum-forum ini juga merambah ke dunia online. Bisa dilakukan jarak jauh dengan peserta yang juga berada di tempatnya masing-masing tidak harus berkumpul pada tempat yang sama. Istilah untuk forum-forum pertemuan ini juga berubah dengan istilah baru seperti webinar dan lain-lain.

Memahami forum yang kita hadiri juga sebenarnya tidak kalah penting. Karena kita dapat mengerti tujuan forum tersebut dan mengetahui apa yang seharusnya kita dapatkan saat mengikutinya seperti manfaat mengikuti seminar. Bagaimana cara memahami definisi forum-forum tersebut? Tentu saja dengan mencari informasinya.

Kali ini, tidak redaksi aleta.id akan memberikan berbagai informasi seputar seminar. Mulai dari definisinya, kategori pesertanya, bentuk forumnya serta pola pelaksanaannya. Simak informasinya berikut ini.

Istilah Seminar

Seminar sebenarnya adalah istilah yang seringkali akrab bagi orang-orang yang berkecimpung dalam dunia akademisi. Sejak mahasiswa pada tahun-tahun awal sudah diperkenalkan forum-forum di luar jam belajar yang disebut sebagai seminar. Termasuk pada tahun akhir, mahasiswa sendirilah yang perlu mengisi seminar terkait tugas akhirnya.

Dikutip dari laman wikipedia, Definisi Seminar pada umumnya merupakan sebuah bentuk pengajaran akademis, baik di sebuah universitas maupun diberikan oleh suatu organisasi komersial atau profesional. Kata seminar berasal dari kata Latin seminarum, yang berarti “tanah tempat menanam benih”.

Dilihat dari asal katanya inilah sepertinya filosofi yang menjadi acuan definisi seminar didapatkan. Forumnya bersifat akademis dalam bentuk pemaparan materi pengajaran. Sehingga topik-topik yang biasanya menjadi tema seminar selalu ditentukan agar dapat menjadi bahan pengajaran kepada pesertanya. Selain itu, dari sini juga diketahui seminar merupakan forum perkenalan untuk menumbuhkan minat pada suatu topik baik yang perlu diminati atau topik baru yang perlu diketahui secara luas.

Kategori Peserta Forum

Ilustrasi Forum Seminar, sumber : APA Facade Systems
Ilustrasi Forum Seminar, sumber : APA Facade Systems

Dalam forum seminar, pesertanya kebanyakan adalah kalangan akademisi. Namun tingkatannya yang berbeda. Selain akademisi, terdapat kategori peserta praktisi. Bedanya praktisi adalah orang lebih dekat kepada praktik sedangkan akademisi lebih dekat kepada urusan pengajaran atau teori. Selain itu, praktisi adalah orang yang cenderung berpengalaman sedangkan akademisi lebih cenderung kepada orang yang masih belajar atau sebagai pengajar.

Para pembelajar atau akademisi yang menjadi peserta forum seminar bukanlah seorang pemula. Biasanya seseorang yang sudah memahami sedikit atau sebagian materi. Forum seminar kurang cocok untuk orang yang baru mengikuti forum pembelajaran. Mengapa demikian?

Untuk memahaminya, kita bisa melihat contoh forum seminar yang diadakan di Universitas. Mengapa harus ada forum seminar padahal setiap hari selalu ada kelas pembelajaran? Karena terdapat perbedaan diantara keduanya yang nanti menetukan kategori peserta keduanya.

Kelas pembelajaranlah yang lebih cocok untuk dihadiri pembelajar pemula. Sedangkan seminar dihadiri orang yang sudah mengetahui sedikit informasi yang berkaitan dengan topik seminar dan ingin mengetahui perkembangannya atau ingin mengetahui lebih banyak dibandingkan yang sudah disampaikan di ruang kelas.

Bahkan tidak jarang, seminar dijadikan sebagai forum untuk mempresentasikan hal yang baru dari sebuah topik pembelajaran. Namun topik pembelajaran di kelas biasanya sudah terstandar tanpa terdapat kontroversi untuk didiskusikan. Sedangkan forum seminar seringkali menjadi forum untuk mendiskusikan kontroversi dari sebuah topik oleh karena peserta dapat berdiskusi secara langsung kepada pemateri.

Jadi, peserta forum seminar adalah orang yang berada di atas tingkatan pemula. Ketegori peserta ini biasanya mengikuti seminar oleh karena ingin mengetahui materi lebih lanjut atau ingin mendiskusikan berbagai hal yang bisa jadi berkaitan dengan sebuah topik yang diseminarkan.

Bentuk Forum

Publikasi Seminar, sumber : PubHTML5
Publikasi Seminar, sumber : PubHTML5

Forum seminar berbentuk presentasi. Biasanya yang melakukan presentasi adalah seorang ahli dalam bidang akademisi atau ahli dalam topik yang sedang dibahas. Bisa seorang profesor, guru besar, peneliti, CEO perusahaan dan lain-lain.

Presentasi yang dilakukan awalnya cenderung satu arah dengan materi dari orang yang melakukan presentasi. Setelah itu baru kemudian dibuka sesi diskuasi antara peserta dan pemateri dengan durasi tertentu. Diskusi bisa tuntas, namun bisa juga tidak.

Untuk contoh yang lebih dekat adalah saat seminar tugas akhir mahasiswa sarjana. Mahasiswa yang memaparkan materinya adalah orang yang telah melakukan penelitian terhadap pemaparannya. Setelah melakukan presentasi, baru kemudian para peserta seminar berdiskusi untuk menguji atau bertanya lebih dalam terkait materi yang merupakan tugas akhir pemateri. Tujuannya untuk melatih sidang uji tugas akhir atau mengkoreksi penelitiannya pematerinya.

Seminar biasanya secara keseluruhan hanya berdurasi 1-3 jam. Jika pernah menemukan seminar yang berdurasi panjang dari pagi hingga sore misalnya, maka forum tersebut biasanya memiliki format tambahan. Yaitu bukan hanya seminar saja, namun bisa jadi dilengkapi dengan workshop dan training.

Kebutuhan Mengikuti Seminar

Mengenai kebutuhan dalam mengikuti forum seminar, merupakan hal yang subjektif. Bergantung peserta masing-masing. Namun biasanya paling tidak diperlukan peralatan tulis dan buku. Namun dengan perkembangan teknologi, bisa saja sudah terdapat peralatan yang lebih canggih misalnya rekaman materi dan lain-lain.

Untuk Anda yang melaksanakan forum seminar, menyediakan perlengkapan seminar bagi peserta sudah menjadi hal yang mudah. Terdapat produk paket seminar kit yang dapat dipesan sesuai dengan target jumlah peserta forum seminar yang akan Anda laksanakan.

Semoga informasi tentang definisi seminar ini dapat memberikan manfaat untuk Anda. Simak berbagai informasi menarik lainnya seputar seminar dan berbagai produk kulit seperti tas, pouch, dompet, id card dan lainnya di halaman Aleta Leather. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.