Informasi Menarik Seputar Sejarah dan Bentuk Tas

Produk tas saat ini telah diproduksi dalam berbagai bentuknya. Namun, semua masih berdasarkan fungsinya masing-masing. Meskipun tetap bergaya karena berbagai desainnya, namun sebenarnya dipakai pada saat yang tepat. Lantas, apa saja bentuk tas yang sesuai dengan fungsinya?

Untuk Anda yang ingin membeli tas, gaya harusnya tidak menjadi satu-satunya pertimbangan. Meskipun Anda harus mencocokkannya dengan busana yang Anda pakai agar tetap matching, untuk lebih memudahkan aktivitas Anda, bawalah tas yang sesuai dengan fungsinya. Berikut berbagai macam tas sesuai fungsinya.

Sejarah tas

Sebelum melihat apa saja ragam tas yang sering digunakan sehari-hari, menarik juga untuk memahami sejarah asal-usul tas. Tas pertama yang dapat diidentifikasi oleh para ilmuan diperkirakan sudah ada sejak 2.200-2.500 SM di Profen, Leipzig, Jerman. Sebagian lagi mengklaim bahwa tas sudah ada sejak zaman purba ketika manusia purba kesulitas membawa banyak barang.

Tas di Masa Lampau, sumber : Urusan Dunia
Tas di Masa Lampau, sumber : Urusan Dunia

Tas pada masa itu hampir semuanya merupakan tas kulit, yang terbuat dari kulit hewan. Namun jangan dibayangkan bahwa desainnya sudah stylish dan semenarik yang ada sekarang. Kemungkinan hanya sekedar kulit hewan yang dikaitkan antara ujungnya satu sama lain sehingga menyerupai kantong.

Begitu juga terkait fungsinya, barang yang dibawa oleh manusia purba atau orang-orang pada masa lampau didalam tas hanya berkisar barang-barang pertanian. Mereka menggunakannya untuk membawa peralatan atau membawa hasil panen mereka ke rumah.

Pada masa-masa setelahnya sebelum kemunculan tas modern, terdapat tas yang terbuat dari kertas. Tas ini ada di masa Dinasti Tang digunakan oleh orang-orang Tiongkok. Pada saat itu Tiongkok terkenal dengan berbagai macam bahan obat alami dari tumbuh-tumbuhan dan tea. Mereka membawanya menggunakan tas kertas ini.

Berbagai macam tas

Apakah Anda memiliki berbagai bentuk dan model tas? Sebenarnya bentuk dan model tas bukan semata-mata untuk bergaya saat memakainya. Bentuk tas juga memiliki fungsinya masing-masing. Berikut macam-macam tas dan fungsinya

1. Backpack atau Ransel

Tas backpack atau ransel adalah tas yang paling sering ditemukan dimana-mana, termasuk oleh wanita. Tas ini digunakan dipunggung dengan menggunakannya di bahu pada kedua lengan. Namun tas ini tidak didesain sembarangan.

Backpack adalah tas yang memudahkan seseorang untuk menggerakkan tangannya. Selain itu, beban yang terletak di punggung memungkinkan seseorang untuk membawa barang hingga mencapai berat tertentu. Jadi, tas backpack cocok untuk dipakai saat bekerja, kuliah, traveling dan kegiatan lainnya yang sejenis.

2. Sling bag (selempang)

Sling bag seolah tampak hanya sekedar aksesoris pemanis fashion. Tetapi sebenarnya sebagaimana bentuk tas lainnya, Sling bag memiliki fungsinya tersendiri berdasarkan bentuknya. Sling bag sering menjadi teman saat melakukan traveling atau menikmati suasana tanpa harus membawa banyak keperluan.

Sling bag memang dipakai untuk melindungi barang kecil namun penting seperti gadget, dompet dan yang sejenisnya. Model yang satu ini memang tidak begitu besar karena bukan diperuntukkan membawa beban yang besar. Selain itu, sling (selempang) dapat memudahkan untuk mengakses barang yang dibawa didalamnya karena fleksibel (bisa diubah-ubah posisinya).

Tas Ransel Kulit, sumber : Aleta Leather
Tas Ransel Kulit, sumber : Aleta Leather

3. Tote Bag

Tote bag adalah tas yang dipakai disamping hampir sama dengan sling bag. Namun bedanya tote bag memiliki akses yang besar dan ukuran lebar tasnya juga lebih besar dibandingkan sling bag. Tas ini disinyalir dipopulerkan pertama kali di Amerika. Apa fungsinya menurut bentuk yang ada?

Tote bag biasanya digunakan untuk memuat barang-barang yang ringan namun bentuknya besar. Karenanya, tas ini sering menjadi teman untuk membeli barang-barang kebutuhan sehari-hari ke pasar. Meskipun begitu, saat ini terdapat tote bag yang stylish yang juga bisa digunakan untuk acara-acara khusus.

4. Waist bag

Dilihat dari penyebutannya, kata waist berasal dari bahasa Inggris yang maknanya adalah pinggang. Dari sini kita bisa mengetahui bahwa tas ini merupakan tas yang dipakai di pinggang. Ukurannya kecil hampir seperti sling bag, namun tidak memiliki tali selempang dan ukurannya lebih memanjang.

Jika Anda sering melihatnya digunakan oleh pedangang untuk menjadi penyimpanan barang transaksi, maka begitulah fungsinya. Tas ini digunakan untuk menyimpan barang yang mudah diakses dan lebih luas penyimpanannya. Saat ini banyak waist bag yang modis dan cocok untuk menjadi pelengkap fashion yang trendy untuk wanita.

5. Clutch bag

Clutch bag adalah tas yang biasanya digunakan dengan cara dipegang. Bentuknya hampir sebesar dompet, namun lebih besar lagi. Dilihat dari bentuknya dan cara membawanya, tas yang satu ini memang digunakan untuk bergaya dan matching dengan fashion yang digunakan. Clutch adalah item yang biasanya dibawa untuk menghadiri acara-acara formal.

Tas Kulit yang Dipakai Wanita, sumber : aleta.id
Tas Kulit yang Dipakai Wanita, sumber : aleta.id

6. Koper

Koper juga merupakan tas yang digunakan dan sering dijumpai. Tas yang satu ini sering terlihat di tempat-tempat seperti bandara, stasiun kereta atau terminal bus. Bentuknya lebih besar dari tas-tas sebelumnya dan memiliki roda dan engsel sehingga dibawa dengan cara ditarik atau didorong.

Sesuai ukurannya yang besar serta cara membawanya, koper adalah penyimpanan barang-barang besar dan berat. Selain itu, tas ini penggunaannya untuk membawa barang-barang besar dan berat ke tujuan yang jauh. Sehingga memang lebih sering terlihat pada orang-orang yang akan melakukan perjalanan jauh.

Itu dia berbagai informasi menarik seputar tas, mulai dari sejarah hingga macam-macam bentuk sesuai fungsinya. Semoga dapat menjadi inspirasi dan menambah wawasan. Simak terus ulasan seputar produk kulit sapi dan paket seminar kit di halaman Aleta Leather.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.