Tips Singkat Memilih Tas Laptop Berbahan Kulit Asli

Tas laptop kulit asli bisa menjadi pilihan bagi Anda yang membutuhkan tas laptop namun juga menyukai tas kulit asli. Biasanya memang tas laptop lebih sering berbahan lain yang juga kuat dan aman untuk menyimpan laptop. Nah, bagaimana dengan tas laptop kulit asli? Apakah akan sama kualitasnya?

Cara Membedakan Bahan Kulit Asli

Tas laptop kulit asli harus berbahan kulit asli. Nah, di luar sana banyak bahan kulit yang berbeda jenisnya termasuk kulit sintetis. Mampukah Anda membedakannya? Berikut beberapa cara membedakan bahan kulit dari tas.

1. Tekstur Kulitnya

Pertama yang perlu dilakukan adalah memperhatikan tekstur bahan dari produk. Produk kulit apa saja termasuk tas kulit, jika terbuat dari kulit asli akan memiliki ciri khas tekstur tersendiri dibandingkan dengan yang selainnya. Bagaimana ciri khas kulit yang asli?

Dari sisi tekstur, biasanya kulit asli cenderung lebih kaku. Meskipun kaku, namun bukannya tidak elastis, bahkan kulit asli lebih elastis dibandingkan produk imitasi. Hal ini sebagaimana kulit hewan aslinya yang padat namun tetap saja elastis. Sedangkan kulit imitasi kelihatan tipis dan tidak elastis.

2. Harganya

Produk tas kulit biasanya dikategorikan sebagai produk kerajinan yang khas. Sebagai produk kerajinan, tentu kita memahami bahwa harga akan berbeda dengan produk-produk biasa. Hal ini wajar oleh karena proses produksi kerajinan memang hampir didominasi oleh pekerjaan menggunakan tangan atau manual.

Tas Ransel Kulit, sumber : Aleta Leather
Tas Ransel Kulit, sumber : Aleta Leather

Lantas, jika Anda menemukan produk kulit yang harganya cenderung murah, maka mungkin saja Anda sedang melihat produk imitasi. Produk imitasi selain karena bahannya yang memang murah, proses pembuatannya juga tidak serumit membuat produk kulit hasil kerajinan. Memperhatikan perbedaan harga mungkin salah satu cara yang paling mudah untuk membedakannya.

3. Ujung Bagian Potongnya

Ujunga bagian potong pada bahan produk dapat diperhatikan sebagai cara untuk membedakan kulit asli dan kulit imitasi. Kulit imitasi apabila dipotong akan menunjukkan bagian potong yang halus. Sedangkan kulit asli bagian potongnya akan tampak kasar. Namun ini hanya bisa diperhatikan pada bekas potongan saat proses produksi. Bukan dengan cara memotongnya sendiri.

4. Coraknya

Permukaan produk kulit pasti memiliki ciri khas berupa corak. Hal ini karena saat diproses tanning, bagian permukaan ini memang menghasilkan semacam pori-pori yang tampak. Perbedaannya, pada kulit asli pori-pori ini akan tidak beraturan karena alami. Sedangkan kulit imitasi tampak bahwa pori-porinya begitu rapi karena dibuat sendiri.

5. Aromanya

Meskipun kulit hewan, namun bukan berarti baunya sama seperti bau hewan atau bangkai. Namun aroma pada produk kulit ini memang khas karena proses penyamakannya. Bahan kimia yang dipakai pada proses penyamakan memiliki bau yang khas. Jadi bau yang khas ini akan Anda temukan pada kulit asli.

Tips Memilih Tas Laptop

Tas Kulit Asli dari Aleta, sumber Aleta Leather
Tas Kulit Asli dari Aleta, sumber Aleta Leather

Tips ini sebenarnya bukan hanya untuk memilih tas laptop dari kulit asli saja, namun juga bermanfaat untuk Anda yang ingin mengetahui bagaimana tas laptop yang cocok dengan kebutuhan Anda. Mari simak ulasannya berikut ini.

1. Pilih Bahan Berkualitas

Yang pertama untuk dilakukan dalam membeli produk apapun adalah memilih bahan yang berkualitas. Termasuk untuk memilih tas laptop kulit asli. Bahan yang berkualitas menentukan ketahanan produk yang Anda pakai. Semua orang pasti tidak ingin barang-barang yang dibelinya mudah rusak.

Tas berbahan kulit termasuk bahan yang berkualitas, kuat dan tampak elegan dengan warnanya. Termasuk untuk tas laptop. Beban yang berat sudah pasti menjadi hal utama yang perlu diperhatikan. Bahan kulit mampu menanggung beban semacam ini.

2. Sesuaikan Dengan Keperluan

Apakah tas yang Anda pakai dibawa saat bekerja atau hanya sekedar tempat menyimpan laptop? Karena berbeda keperluan akan berbeda juga bentuk tas yang harus Anda cari. Bahkan bisa saja Anda membutuhkan tas yang dapat diakses dengan cepat saat dibawa kemanapun.

Carilah tas yang bentuknya sesuai dengan keperluan Anda. Terdapat tas laptop yang menyamping yang menjadikan Anda memiliki quick acces, terdapat juga tas ransel yang menjadikan Anda lebih mudah bergerak meskipun membawa beban. Semuanya disesuaikan dengan keperluan Anda.

3. Pastikan Ukurannya

Jangan sampai tas yang Anda pilih ternyata tidak muat dengan laptop yang Anda miliki. Karena sebagaimana yang kita ketahui, laptop memiliki ukurannya masih-masing. Maka, pastikan tas laptop kulit asli yang akan Anda beli berukuran yang sesuai dengan gadget yang Anda miliki.

Tas Selempang Kulit, sumber : aleta.id
Tas Selempang Kulit, sumber : aleta.id

4. Apakah Anda Nyaman?

Perhatikan juga tingkat kenyamanannya. Karena tidak baik juga apabila Anda membawa laptop yang notabene beban yang tidak ringan namun Anda tidak nyaman. Selain itu, masalah keamanan laptop dari kerusakan akibat benturan dan getaran juga bagian yang membuat Anda nyaman bergerak karena tidak khawatir.

5. Periksa Jumlah Pocketnya

Selain membawa laptop, Anda pasti membutuhkan pocket untuk membawa benda-benda lainnya yang juga dibutuhkan. Misalnya charger, peralatan elektronik dan peralatan tulis. Tidak mungkin semua benda tersebut digabung dalam satu tempat pada tas.

Antara peralatan tulis dan laptop misalnya, jika digabung pada satu tempat pada tas berpotensi mengalami benturan atau merusak salah satu diantara keduanya. Nah, memeriksa jumlah pocket pada tas dan memastikan agar sesuai kebutuhan perlu Anda lakukan.

Itu dia beberapa tips memilih tas laptop dari kulit asli yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Apakah Anda merasa terbantu dengan artikel kali ini? Berikan jawaban Anda di kolom komentar ya! Simak terus berbagai ulasan menarik lainnya di aleta.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.